oleh

Sajian Sego Gandhul Kota Pati, Manjakan Penikmat Kuliner, Asing Namanya Namun Melekat di Hati

PATI, channel-indonesia.com – Kota Pati merupakan salah satu kota yang terletak di daerah Jawa Tengah bagian utara yang terkenal dengan kulinernya. Keberadaannya tidak jauh dari pusat Kota Semarang, yakni berjarak 75 km dan dapat ditempuh dengan waktu 2 jam perjalanan. Ikan Bandeng adalah salah satu ikon Kota Pati yang berdiri kokoh sebagai tugu selamat datang memasuki wilayah Kota Pati dan design keindahannya sempat menjadi sorotan di kalangan media sosial. Minggu (9/1)

Mengenal lebih jauh tentang kuliner di Kota Pati, terdapat banyak sekali kuliner yang dapat kita temukan ketika sedang berkunjung di Kota Pati. Salah satunya adalah Nasi Gandul. Banyak orang mengira bahwa Nasi Gandul adalah nasi yang disajikan dengan digandhul-gandhul atau diikatkan pada sebuah pengait. Tetapi bukan itu yang benar,

Nasi Gandul adalah jenis makanan hidangan sederhana, terdiri dari potongan daging atau telur yang disertai dengan kuah bumbu. Nasi Gandul khas Kota Pati ini, harganya cukup murah yakni untuk Nasi Gandul Telur hanya Rp11.000,00 dan Nasi Gandul Daging Rp18.000,00. Harga tersebut terbilang cukup murah, mengingat lauk telur dan daging yang banyak pada penyajiannya.

Sejarah singkat tentang Nasi Gandul khas Kota Pati. Dahulu di daerah Kota Pati, pedagang Nasi Gandul menjajakan dagangannya dengan cara dipikul menggunakan pikulan yang terdapat dua kuali yang berukuran besar. Kuali itu pada salah satu sisinya diisi kuah Nasi Gandul, dan sisi kuali yang satunya diisi nasi. Kemudian, oleh si penjual Nasi Gandul dipikul dengan iringan naik-turun senada dengan langkahnya. Sehingga, oleh masyarakat Kota Pati sendiri menamainya dengan sebutan sego gandhul atau Nasi Gandul.

Nasi Gandul disajikan dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya, karena dianggap akan menambah cita rasa kenikmatan ketika sedang menyantapnya.

Bagi yang belum tahu, kuah Nasi Gandul ini terdiri dari bahan utama, bumbu halus, bahan tambahan, dan pelengkap. Bahan utama, bisa menggunakan daging sapi atau telur, tulangan atau jeroan sapi, dan air.

Untuk bumbu halusnya menggunakan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, cabe merah keriting, kemiri, merica, ketumbar, jinten, dan terasi bakar. Bahan tambahan, bisa menggunakan santan kental, daun jeruk, kayu manis, garam, gula merah, gula pasir, penyedap rasa, kecap manis, dan minyak goreng. Pelengkap bisa menambahkan bawang goreng, tempe goreng, dan nasi putih.

Bagaimana setelah melihat penampakan dari Nasi Gandul, tertarik ingin mencobanya kan…? Nasi Gandul tidak untuk dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung lemak yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Memang rasanya sangat nikmat, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Nasi Gandul khas Kota Pati ini bisa ditemukan disekitaran area pusat kuliner, yakni dibelakang GOR Kota Pati. Disana tersedia beberapa pilihan warung yang menjajakan berbagai kuliner khas Kota Pati, salah satunya tentu Nasi Gandul.

Jika sedang berkunjung ke Kota Pati, mungkin akan sayang sekali jika tidak mencoba Nasi Gandul khas Kota Pati ini. Terbilang asing ditelinga namanya, namun setelah mencobanya akan selalu melekat di hati penikmat kuliner. (Arif)

Berita Terbaru