oleh

Kuliah Umum “Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional Persatuan Insinyur Indonesia (PII)” di Kampus STTAL

SURABAYA, channel-indonesia.com – 30 dosen, 246 mahasiswa dan 10 alumni Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) mengikuti kuliah umum secara Daring (Virtual) dengan Narasumber Ketua Alumni STTAL dan Anggota Majelis Kehormatan Etik Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Laksamana Pertama TNI (Purn) Dr. Ir. H. Eden Gunawan, M.M., IPM., ASEAN-Eng., ACPE., Rabu (27/01/2021).

Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. bertempat di ruang Rapat Gedung Soewarso Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kuliah umum dengan tema “Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional Persatuan Insinyur Indonesia (PII)”, yang disampaikan oleh Narasumber Laksamana Pertama TNI (Purn) Dr. Ir. H. Eden Gunawan, M.M., IPM., ASEAN-Eng., ACPE., sangatlah penting guna menentukan langkah kedepan dalam menyusun strategi dan standarisasi pendidikan teknik melalui akreditasi dan standarisasi kompetensi. Insinyur sedunia saat ini telah melakukan standarisasi pendidikan teknik melalui akreditasi dan standarisasi kompetensi Insinyur Profesional (IP) melalui saling pengakuan atau Mutual Recognition Agreement (MRA) secara internasional. Hal ini disyaratkan agar dapat berkolaborasi guna mencapai 17 tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang mana setiap tujuannya membutuhkan solusi ke Insinyuran.

Tujuan dilaksanakannya Sertifikasi Insinyur Profesional adalah untuk memberikan peluang agar menjadi setara dengan insinyur-insinyur di kawasan asia tenggara. Dengan sistem ini akan lebih memungkinkan para pengambil kebijakan untuk memetakan sumber daya manusia di bidang keinsinyuran untuk mengoptimalkan peran insinyur sehingga bisa menjawab kebutuhan Insinyur untuk membangun Indonesia di masa depan.

Kuliah umum kali ini dipandu Moderator Kapten Laut (T) Anton Nugroho, S.T. dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 dan dilaksanakan secara Daring Online (Virtual) tetapi tidak mengurangi rasa antusiasme para peserta dalam mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh Nara Sumber yang begitu sangat bermanfaat sekali. (Arif)

Berita Terbaru