oleh

Kopassus Gelar Lomba Olahraga Scuba Dan Free Dive Danjen Cup 2019 

JAKARTA – Masih satu rangkaian memeriahkan HUT ke 74 Hari Juang TNI AD, Kopassus menggelar Lomba menyelam memperebutkan piala Danjen Cup 2019, Medali dan uang 100 Juta Rupiah.

Olahraga Scuba Dan Free Dive Danjen Cup 2019  mengangkat tema ”menyelami dan mendalami persaudaraan”   ini dilaksanakan di Kolam Selam Tribuana Dive Center Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur,  dari Jumat ( 20/12/19) hingga Minggu (22/12/2019).

Ada dua kategori lomba yang harus diikuti oleh ratusan penyelam baik dari militer maupun sipil ini yaitu Scuba Diving dan Freediving.

Dengan  cabang pertandingan Scuba Diving :

– Gear Up & Assembly (menggunakan alat dan merangkai bentuk di dalam air)
– Search (pencarian koin di dalam air)
– Maneuver (estafet melewati rintangan dalam air)
– Tarik Tambang

Sedangkan cabang pertandingan Freediving

– Static Apnea (total waktu tim)
– Speed DNF 30m (estafet)
– Repetitive Dive (estafet dengan kedalaman 10m dan 16m)

Dalam sambutannya, Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengucapkan selamat datang kepada seluruh Tim dan official peserta Lomba Scuba Diving dan Free Dive Danjen Cup 2019.

Dijelaskan Danjen, event ini sengaja digelar sebagai wujud komitmen Kopassus sebagai bagian dari komponen bangsa untuk ikut berupaya memajukan olahraga selam.

Dan, lanjut Danjen, diharapkan ajang ini dapat dijadikan sarana kompetisi untuk meraih prestasi para penyelam, mengingat cabang olahraga selam ini tidak semua orang bisa melakukan, selain termasuk mewah karena menggunakan peralatan yang mahal juga dilakukan dalam kondisi fisik dan mental yang sehat.

Selain itu, imbuhnya lagi, kegiatan ini, bertujuan untuk  memperkenalkan dan mempromosikan fasilitas kolam Tribuana Dive Center kepada anggota satuan militer dan masyarakat sipil.

” Saya berharap melalui kegiatan lomba ini, para peserta dapat mengimplementasikan keahlian dan kemampuannya sehinga dapat melahirkan penyelam-penyelam handal dan profesional yang dapat mengharumkan nama bangsa dan negara,” terang orang nomor satu di Korps Baret Merah ini.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia Lomba Scuba Diving dan Free Dive Danjen Cup 2019, Wadansat 81 Letkol Inf Yosep D.D Surbakti mengatakan, dengan digelarnya lomba selam ini, kedepanya olah raga selam ini bisa berkembang dan bisa memberikan kontribusi baik bagi olah raga selam.

 

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat khususnya pecinta olah raga selam untuk bisa bersama-sama, karena fasiltas yang ada disini juga bisa di gunakan oleh masyarakat.

Sebagai informasi, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sebagai satuan elite memiliki Kolam Selam Tribuana Kopassus, atau Tribuana Dive Center (TDC), yang lokasinya bersebelahan dengan Kolam Renang Tirta Yudha di Komplek Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

Kolam selam terdalam se Asia Tenggara ini, berdiri di atas lahan seluas 800 meter persegi, kolam selam dengan kedalaman 16 meter dan berstandar internasional

TDC ini bertujuan dapat melahirkan peselam-peselam dari kalangan militer maupun sipil yang handal, berkarakter dan mampu bersaing di kancah internasional. (Luska)

Berita Terbaru