oleh

Kemenko PMK Gelar Rakornis Jelang PON dan Papernas 2020 di Papua

JAYAPURA,channel-indonesia.com– Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar rapat koordinasi teknis (rakornis) persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Papernas) Papua 2020.

Rakornis berlangsung di Jayapura, Papua ,Kamis (2/5/2019), untuk mengetahui kemajuan persiapan yang telah dilakukan oleh Pengurus Besar (PB) PON dan juga masing-masing bidang di kementerian/lembaga terkait.

Asisten Deputi Keolahragaan Kemenko PMK Gatot Hendrarto mengatakan bahwa waktu penyelenggaraan PON dan Papernas Papua 2020 sudah semakin sempit. Oleh karena itu, dibutuhkan koordinasi intensif agar segala persiapan dapat berjalan baik.

“Dari rakornis ini, diharapkan segala upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat efektif dan efisien. Sekaligus, bersama-sama mencarikan jalan keluar permasalahan teknis yang dihadapi di lapangan,” ujarnya di Jayapura.

Sehari sebelum pelaksanaan rakornis, Gatot melakukan kunjungan lapangan ke venue-venue yang akan digunakan pada penyelenggaraan PON dan Papernas Papua 2020. Diantaranya, Stadion Papua Bangkit yang hampir 100% selesai dibangun, venue kriket dan hoki di Kampung Doyo Baru, GOR Rindam, venue dayung dan ski air di Teluk Yotefa.

“Kemajuan pembangunan baik yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maupun Pemerintah provinsi (pemprov) Papua, semuanya menunjukan pemerintah pusat dan Pemerintah Papua serius menyukseskan PON dan Papernas Papua 2020,” tegasnya.

Ia menjelaskan, penyelenggaraan PON dan Papernas Papua 2020 akan dilaksanakan di enam klaster yang tersebar di 10 kabupaten/kota, yaitu Kabupaten dan Kota Jayapura, Biak Numfor, Mimika, Merauke, dan Kepulauan Yapen.

Masing-masing bidang dalam PB PON akan diminta menindaklanjuti hasil rakornis, baik secara teknis maupun detail di bidang pertandingan, pemasaran, TIK, akomodasi, dan transportasi.

“Pemprov Papua dan PB PON optimis bahwa penyelenggaraan PON dan Papernas Papua 2020 akan sukses,” pungkas Gatot.(Humas Kemenko PMK/munir)

Selengkapnya