oleh

KemenKopUKM Lakukan Pendampingan KUMKM untuk Perluasan Akses Pembiayaan

SUMEDANG, channel-indonesia.com – Dalam rangka penguatan ekonomi gerakan koperasi dan UMKM di Kabupaten Sumedang, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang melaksanakan Coaching atau maksimalisasi usaha dan Pendampingan KUMKM untuk bisa mengakses Penyaluran Dana LPDB KUMKM maupun perbankan di wilayah Priangan Timur, beberapa hari lalu.

Pendampingan KUMKM yang bertempat di Ruang Tampomas Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang itu diberikan kepada 100 KUMKM di wilayah Priangan Timur dengan Peserta 100 orang dari 50 koperasi dan 50 UMKM.

Acara dibuka oleh KemenKopUKM yang diwakili oleh Asdep Pembiayaan dan
Penjaminan Koperasi Ari Gunawan dan Plt. Asdep Pembiayaan dan Investasi UKM Temmy Satya Permana
serta Pemkab Sumedang yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Hari Tri Santosa. Acara ini menghadirkan Kepala Satgas LPDB-KUMKM untuk wilayah Jawa Barat, perwakilan BRI dan perwakilan BNI.

“Untuk mengembangkan dan memajukan KUMKM, dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga pembiayaan dan para profesional agar dapat tercipta sinergi. Untuk berkembang butuh suntikan modal, pendampingan teknologi dan iklim usaha kondusif melalui regulasi yang berpihak dan berkeadilan bagi KUMKM yang pada  ujung-ujungnya akan mewujudkan kesejahteraan sosial bagi rakyat,” ujar Temmy Satya Permana.

Temmy juga menjelaskan, Coaching dan Pendamping bagi Koperasi berkualitas dan UMKM dilaksanakan agar koperasi dan UMKM yang memiliki potensi dan produk unggulan dapat mengakses pembiayaan melalui LPDB-KUMKM dan perbankan.

Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian pemkab Sumedang Hari Tri Santosa menambahkan, dalam memberdayakan UMKM, pemerintah Kab. Sumedang melakukan pendekatan kelembagaan kepada UMKM yang diharapkan dapat bergabung dalam lembaga formal. Potensi pariwisata dan kekayaan produk-produk lokal UMKM perlu terus dikembangkan untuk menjadikan UMKM dan Koperasi Sumedang semakin maju dan berkembang di bawah kepemimpinan Bupati Dony Ahmad Munir yang berkomitmen untuk menjadikan koperasi dan UMKM menjadi pilar ekonomi  di Kabupaten Sumedang. (Arif)

Berita Terbaru