oleh

Dandim Nganjuk Beri Perhatian Khusus Budidaya Rumput Vetiver Di Desa Banjarsari

NGANJUK,channel-indonesia.com-Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, SH. MM melakukan kunjungan kerja di Desa Banjarsari Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk melihat budidaya rumput Vetiver Jum’at (07/02/2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Letkol Kav Joko Wibowo, SH. MM (Dandim 0810/Nganjuk), Kapten Inf R. Endon W ( Plh. Danramil 0810/09 Ngronggot), Bpk. M. Ma’kruf ( Camat Ngronggot), Bpk. Purnomo SH (Kades Banjarsari), Bpk. Taufik ( Pemilik lahan pembudidaya rumput Vetiver), Bribka Masrurozi Babinkamtibmas Desa Banjarsari ( Mewakili Kapolsek Ngronggot).

Letkol Kav Joko Wibowo, SH. MM (Dandim 0810/Nganjuk) dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa fungsi tersembunyi rumput Vetiver ini adalah Sebagai penahan erosi dan tanah longsor, ungkapnya .

Ya karena rumput vetiver rumput vetiver atau akar wangi ini memiliki akar yang sangat kuat dan dapat mencengkram hingga kedalaman tanah sehingga sangat sempurna untuk dijadikan penahan longsor ataupun erosi, banyak kan manfaat yang diberikan oleh rumput vetiver ini, imbuh Alumni Akmil 1999.

Untuk itu kita sebagai aparat teritorial akan memanfaatkan dan membudidayakan rumput ajaib ini untuk kita sebar di berbagai wilayah Kabupaten Nganjik Yang kami anggap rawan akan longsor terutama di lereng lereng gunung dan di tepian sungai. Pungkas Letkol Joko Wibowo.

Sang pemilik budidaya Rumput Vetiver Bapak Taufik juga menjelaskan fungsi dari tanaman rumput ini selain untuk penahan tanah juga sebagai Antioksidan, zat yang membantu mencegah terjadinya kerusakan sel, terutama yang disebabkan oleehoksidasi. Ketika dibiarkan untuk berkeliaran bebas di dalam tubuh, beberapa jenis molekul oksigen akan menyebabkan apa yang disebut dengan kerusakan oksidatif, yang dipicu radikal oleh radikal bebas, dan sangat berbahaya untuk jaringan tubuh. Terang Taufik

Berbagai manfaat mengkonsumsi makanan kaya antioksidan & herbal antara lain memperlambat penuaan, kulit yang sehat dan bercahaya, mengurangi risiko kanker, mendukung detoksifikasi, & memperpanjang usia.(Kodim 0810/munir)

Berita Terbaru