oleh

Salurkan Donasi, Wujud Empati Pemasyarakatan untuk NTT dan Indonesia

JAKARTA, channel-indonesia.com – Bencana alam yang datang silih berganti sejak awal tahun 2021 di berbagai wilayah Indonesia di tengah kondisi pandemi membawa suatu beban tersendiri bagi masyarakat. Situasi ini mengetuk pintu hati petugas Pemasyarakatan untuk berempati dan mengulurkan tangan. Petugas Pemasyarakatan beserta Dharma Wanita Persatuan menyerahkan donasi dalam kegiatan Bakti Sosial dari Pemasyarakatan untuk Indonesia yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-57.

Masyarakat Nusa Tenggara Timur yang terdampak badai Siklon Seroja menjadi target misi kepedulian Pemasyarakatan. Kamis (15/4), donasi sebesar Rp 500 juta diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Sesditjenpas), Heni Yuwono, kepada Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Soi.

“Seluruh jajaran Pemasyarakatan ikut berbelasungkawa. Untuk itu, momentum HBP Ke-57 ini kita manfaatkan untuk membantu saudara-saudara kita di Nusa Tenggara Timur yang sedang mengalami musibah,” tutur Heni.

Menurutnya, Pemasyarakatan memiliki jiwa korsa yang tinggi sehingga ikut merasakan apa yang dialami masyarakat Nusa Tenggara Timur. “Kita di Indonesia adalah saudara, di mana jika ada satu saudara kita yang terkena musibah, siapapun di manapun dapat tergugah untuk membantu,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga, memberikan donasi dan bingkisan kepada 70 orang petugas pengamanan, resepsionis, petugas kebersihan, pengemudi, dan teknisi di lingkungan Ditjenpas, Jumat (16/4). Penyerahan berlangsung di Graha Bakti Pemasyarakatan sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi kepada mereka yang senantiasa mendukung aktivitas di Ditjenpas.

“Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada rekan-rekan sekalian. Ini merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi kami kepada rekan-rekan. Semoga bingkisan yang diterima dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan sekalian,” ujar Dirjenpas.

Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran, Budi Sarwono bersama Direktur Keamanan dan Ketertiban, Abdul Aris menyalurkan 25 bingkisan dan donasi kepada Panti Asuhan Muslimin Jakarta Pusat. Sementara itu, dengan jumlah yang sama, paket sembako dan donasi disumbangkan kepada Panti Asuhan Hati Suci Jakarta Pusat oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Thurman Hutapea dan Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama, Dodot Adikoeswanto.

“Jangan lihat dari nilainya, tapi lihatlah dari niatnya. Ini adalah wujud perhatian, kepedulian Pemasyarakatan bagi masyarakat,” ujar Thurman.

Pemasyarakatan berhasil menggalang donasi hingga Rp 1 miliar yang terkumpul dari petugas Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Bakti Sosial dari Pemasyarakatan untuk Indonesia tak hanya terhenti di Nusa Tenggara Timur dan Jakarta, donasi juga akan disalurkan ke wilayah lain yang terdampak bencana, seperti di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Indonesia pun secara serentak turut melaksanakan kegiatan bakti sosial di lingkungan masing-masing. (Arif)

Berita Terbaru