oleh

Jalani Operasi Correction Surgery, Serda Aprilia Manganang Kini Bersatus Laki Laki

JAKARTA, channel-indonesia.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menerangkan Sersan Dua (Serda) Aprilia Manganang resmi perganti status dari wanita ke pria.

Pergantian status tersebut, jelas Kasad, bukan dikarenakan gander ataupun lainnya, tetapi dikarenakan Serda Manganang mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia yakni kelainan bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan.

” Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya, yang disebut dengan Hipospadia,” terang Andika di Mabes TNI AD, saat konferensi pers Selasa (9/3/2021).

Ditambahkan Kasad, Serda Aprilia Manganang memang terlahir dalam keluarga sederhana, saat dilahirkan keluarga dan paramedis yang menangani Aprilia tak begitu paham dengan jenis kelainan itu. Saat itu Aprilia pun dinyatakan sebagai perempuan lantaran alat kelamin yang dimilikinya memang sedikit berbeda.

”April lahir tumbuh besar diklaim wanita, akte wanita, tapi penampilan tak seperti wanita,” kata Andika.

Namun, demikian, sejak kecil Serda Aprilia memiliki prestasi cemerlang dan berhasil masuk ke TNI melalui jalur prestasi.

Dikatakan Kasad, dirinya mengetahui kelainan pada prajuritnya ini pada 3 Februari. Kasadpun langsung memerintahkan jajarannya untuk mengundang Serda Aprilia ke Mabesad bertemu dirinya.

Setelah banyak mendengar isi hati Serda Aprilia tentang keanehan pada dirinya, kemudian Jenderal Andika, menawarkan solusi medis kepada atlet voli Indonesia ini.

Serda Aprilia pun menyetujuinya, dan dilakukannya rangkaian pemeriksaan medis di RSPAD Gatot Subroto.

Setelah hasil rekam medis dilakukan diketahui hormon testosteron Aprilia lebih tinggi, tak hanya itu di dalam organ dalamnya pun tak ada organ tubuh yang mestinya dimiliki perempuan. Maka dipastikan Aprilia memang berjenis kelamin laki-laki.

Akhirnya Serda Aprilia Manganang menjalani operasi correction surgery di RSPAD Gatot Subroto.

Operasi correction surgery dijadwalkan akan dijalani Manganang sebanyak dua kali. Saat ini operasi pertama telah dijalani dan berhasil dengan baik.

”Jadi saat ini, Sersan Manganang masih dalam proses recovery dan operasi berjalan secara baik. Tapi, belum bisa keluar dan harus beristirahat dulu,” kata Kasad

Dalam konferensi pers tersebut Kasad juga menayangkan sosok Serda Aprilia Manganang yang masih dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto melalui media videotron. (Luska)

Berita Terbaru