oleh

Ketua LMR-RI Papua Barat, Pemerintah Harus Berani Ungkap Keberhasilan Program Otsus

MANOKWARI – Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia (LMR-RI) Papua Barat mendukung perpanjangan Otsus Jilid – II untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Ketua LMR-RI Papua Barat, Yance Kwando mengatakan, situasi Kota Manokwari saat ini dalam keadaan aman dan kondusif. Walaupun polemik tentang Perpanjangan Otsus Jilid- II masih banyak yang dipermasalahkan terutama oleh kelompok-kelompok yang menolak Otsus Jilid II.

Adanya Otsus sudah banyak memberikan perubahan bagi Papua dan Papua Barat, diharap kepada pemerintah pusat jika Otsus Jilid II kembali di berikan perlu adanya satu tim dari pemerintah pusat melakukan pengawasan terhadap pengelolaan serta penyaluran terhadap dana Otsus itu sendiri,” jelasnya kepada sejumlah wartawan, di Sekertariat LMR-Papua Barat, Kamis 01 Oktober 2020.

Dengan adanya kelompok yang menolak Otsus, itu hanya kepentingan politik
dengan memanfaatkan momen saja tolak Otsus Jilid II, bukan murni seluruh keinginan masyarakat orang Papua.

Walaupun Otsus berjalan atau tidak di Papua, tetap saja hanya kelompok tersebut akan membuat polemik, jadi lebih baik Otsus terus berlanjut,” ucap Yance Kwando.

Nah, selama ini banyak masyarkat tidak mengetahui tentang pengelolaan dana Otsus, untuk itu pemerintah harus berani ungkap keberhasilan program pembangunan yang dikelola dengan dana Otsus .

Dalam pengelolaan dana otsus sudah tentu ada perencanaan dan pelaksanaan serta pertanggung jawaban, termasuk programnya kesehatan, pendidikan, infraktruktur serta ekonomi kerayatan. Progran tersebut harus disampaikan ke masyarakat sehingga masyarkat akan memahami dan dapat menerima kelanlanjutan Otsus Jilid-2,” tukasnya.

Masyarakat jangan terprovoksi terhadap oknum tertentu untuk kepentingan pribadi, mari kita dukung kelanjutan Otsus untuk kesejahtraan seluruh Masyarakat Papua dan Papua Barat dalam bingkai NKRI.(manet)

Selengkapnya