oleh

Mendagri Pastikan Provinsi Baru di Papua adalah Papua Selatan

JAKARTA -Menjawab pertanyaan bakal adanya 2 provinsi baru di Papua, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan salah satu dari dua provinsi baru di Papua akan dinamai Papua Selatan.

Hal tersebut dikatakan Tito saat mendatangi Kemenkopolhukam untuk bertemu Menkopolhukam Mahfud MD,di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Pembahasan soal Provinsi baru Papua Selatan ini, pihaknya sudah bertemu dengan Bupati Merauke Frederikus Gebze saat berkunjung ke Papua.

Tito menerangkan Papua Selatan bakal mengambil sebagian daerah Provinsi Papua, yaitu Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Merauke.

Dengan begitu, kemungkinan akan ada pemekaran daerah tingkat kota untuk memenuhi syarat administratif lima daerah tingkat kabupaten/kota untuk pemekaran provinsi. Untuk itu Merauke akan dibagi menjadi dua, yaitu Kabupaten Merauke dan Kota Merauke.

“Kalau ada kota Merauke maka oke. Papua Selatan hampir tidak ada masalah termasuk Gubernur Pak Lukas Enembe tidak ada masalah,” ujarnya.(Luska)

Berita Terbaru