Dandim Bone Serahkan Zakat Fitrah Ke Panitia Amil Zakat Masjid

oleh -

BONE,channel-indonesia.com– Komandan Kodim 1407/Bone Letkol Inf Mustamin SE, menyerahkan Zakat Fitrah personel Kodim 1407/Bone tahun 1441H/2020 M sebesar Rp14.528.000, ke panitia amil zakat Masjid Manunggal Kodim 1407/Bone,Selasa 19/05/2020.

Zakat Fitrah prajurit Kodim diterima langsung oleh imam masjid H. Daeng Manangka untuk disalurkan ke yang berhak.

Penyerahan zakat oleh Dandim 1407/Bone  ke panitia amil zakat Masjid Manunggal Kodim 1407/Bone, sabagai tanda bahwa, personil kodim 1407/Bone sudah memenuhi satu kewajibannya sebagai umat muslim yang sudah mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari harus membayar zakat ditiap tahunnya tepatnya pada bulan puasa ramadhan.

Zakat ini nantinya akan disalurkan kepada orang yang berhak seperti orang fakir, orang miskin, Amil, Mu’alaf, riqab/Memerdekakan Budak, Gharim/orang yang memiliki Hutang, Fi,sabilillah dan Ibnu Sabil.

Dandim 1407/Bone mengatakan bahwa, setiap umat islam wajib mengeluarkan zakat ditiap tahun tepatnya pada bulan puasa ramadhan, apabila sudah memenuhi syarat–syarat yang telah ditentukan.

“Baik zakat fitrah maupun zakat mal atau harta yang sudah menjadi kewajiban umat Islam akan disalurkan kepada warga yang berhak menerima guna membantu meringankan beban saudara kita yang kurang mampu. Sehingga apa yang kita nikmati, juga bisa dinikmati oleh saudara saudara kita,” ujar Dandim.

Selain itu pembayaran Zakat ini bertujuan untuk membersihkan harta dan batin seseorang, agar bisa terhindar dari sifat takabur dan kurang peduli sesama.

“Tentunya dalam aspek sosial zakat ini juga bentuk perhatian dan rasa empati terhadap mereka yang tidak mempunyai harta,” katanya.(munir)