Kuliah Umum Mahasiswa Hidrografi STTAL, Implementasi Teknologi Akustik Bawah Air Untuk Pertahanan

oleh -

SURABAYA,channel-indonesia.com– Kepala Program Studi S-1 Hidrografi Lekol Laut (KH) Nawanto Budi S, S.T., M.Si. membuka digelarnya kuliah umum dengan narasumber Prof. Henry M. Manik, S. Pi., M.T., Ph.D di ruang serbaguna Gd. Mahameru Pusdikhidros . Jl. Pantai Kuta, Ancol Jakarta Utara. Selasa (11/2/2020)

Prof. Henry M. Manik, S.Pi., M.T., Ph.D adalah salahsatu dosen di Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan Institut Pertanian Bogor, dengan bidang keahlian Akustik dan Instrumentasi Kelautan. Pada kuliah umum
tersebut dengan mengambil tema ” Implementasi Teknologi Akustik Bawah Air Untuk Pertahanan “.

Dalam materinya narasumber membahas tentang pengertian dari sistem akustik bawah air dan juga penerapannya dalam bidang pertahanan. Beberapa penerapan teknologi akustik bawah air dalam bidang pertahanan seperti misalnya, penentuan shadow zone dan titik pendaratan bagi kapal selam, operasi penyapuan ranjau, identifikasi permukaan dasar laut untuk pendaratan amphibi, Identifikasi kapal karam (wrecks) dan masih banyak penerapan lainnya.

Dalam paparannya juga menyampaikan tentang pemanfaatan sistem akustik alami yang dimiliki lumba-lumba  .Jenis hidung botol (bottlenose dolphin), US Navy tengah mengembangkan pamanfaatan mamalia laut tersebut melalui US Navy Marine Mammal Program (NMMP). Salah satu program yang mereka lakukan adalah melatih lumba-lumba hidung botol untuk.mendeteksi dan membersihkan ranjau.

Mengakhiri paparannya Prof. Manik menekankan bahwa pertahanan laut dapat dilakukan secara optimal dengan pengembangan ilmu, teknologi dan rekayasa akustik bawah air, diharapkan dengan kuliah umum ini dapat membuka wawasan dan memacu para mahasiswa baik dari Prodi S-1 Hidrografi angkatan 40 maupun mahasiswa Prodi D-3 Hidro Oseanografi angkatan 13 dan 14 STTAL, untuk terus berinovasi dalam bidang teknologi pertahanan keangkatanlautan.

Diakhir acara penyerahan cindera mata dari Kaprodi S-1 Hidrografi Letkol Laut (KH) Nawanto Budi S, S T., M.Si. kepada dosen Dep.Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB Bogor Prof. M. Manik, S Pi., M.T., Ph.D dengan dilanjutkan sesi foto bersama.

Hadir pada kuliah umum,Komandan Pusdikhidros, pejabat teras Pushidrosal, Perwira Staf Pusdikhidros, Antap dan seluruh mahasiswa Prodi S-1 Hidrografi angkatan 40 dan Prodi D-3 Hidro Oseanografi angkatan 13 dan 14 STTAL. (Pen STTAL/munir)