oleh

TNI AL Kerahkan 2 Kapal Perang Lancarkan Serbuan Vaksinasi Maritim di Pulau Misol Papua Barat

PAPUA BARAT, channel-indonesia.com – TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) III mengerahkan dua Kapal Perang Republik Indonesia melaksanakan serbuan vaksinasi maritim di pulau-pulau kecil Yeelu dan Misool, Papua Barat, Sabtu, 6 November 2021.

Kedua kapal perang tersebut yaitu KRI Sura-802 dan KRI Tatihu-853 untuk mengangkut dokter dan vaksinator 20 orang, alat komunikasi, listrik dan berbagai peralatan lainnya dari Kota Sorong menuju pulau kecil di kedua pulau tersebut yang ditempuh pelayaran selama kurang lebih 10 jam.

Serbuan vaksinasi Covid-19 secara besar-besaran di wilayah Papua Barat disaksikan Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., bersama Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah yang digelar di pelabuhan rakyat, Yeelu. Segenap warga yang berdomisili di kepulauan tersebut datang ke Misool dengan perahu tradisional bersama keluarga.

Vaksinasi maritim dipusatkan di Pulau Yeelu dengan pertimbangan pulau Yeelu merupakan jumlah penduduk terbanyak di kepualaun tersebut, yaitu sekitar 500 KK. Vaksinasi yang dipimpin Kadiskes Koarmada III dimulai pukul 08.00 Wit meskipun diguyur hujan deras hingga pukul 16.00 Wit. Sambutan meriah masyarakat menjadikan smotivasi bagi tim vaksinasi memberikan pelayanan maksimal.

Pengerahan kedua kapal perang tersebut melakukan Serbuan Vaksinasi Maritim di wilayah Papua dan Papua Barat, diantaranya Pulau Yeelu dan Pulau Misool sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam rangka mempercepat target capaian vaksinasi Covid-19 untuk mempercepat tercapainya herd immunity.

Semula warga yang mendaftar hanya 100 orang. Justru setelah pelaksanaan mencapai 500 orang memanfaatkan serbuan vaksin ini guna pengendalian penyebaran pandemi Covid-19. ‘TNI AL berkomitmen meningkatkan kesehatan atau imunitas masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan serbuan vaksinasi maritim. KRI dr. Soeharso melaksanakan serbuan vaksin di wilayah Papua Barat, termasuk dilaksanakan di laut yang menyasar terhadap nelayan.

Serbuan vaksinasi Covid-19 di Pulau Yeelu dan Misool bekerja sama Koarmada III, Puskesmas setempat dan pihak terkait lainnya. Sinergitas tersebut mengerahkan 20 tenaga kesehatan sebagai vaksinator untuk melayani vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. Vaksin yang diberikan adalah Sinovac. Warga yang sudah divaksin mendapatkan bantuan bingkisan sembako.

Pangkoarmada III menegaskan, sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, jajaran TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Koarmada III senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, seperti yang digelar di Manokwari saat ini.

Pada peninjauan ini juga hadir Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S, Komandan Lantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.M., Asintel dan Asops Asisten Pangkoarmada III, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Arif)

Berita Terbaru