Kemenko PMK Evaluasi GERMAS

oleh -

JAKARTA,channel-indonesia.com– Kemenko PMK bersama Kementerian/Lembaga (K/L) terkait melakukan evaluasi GERMAS tahun 2017 dan 2018 serta rencana tindak lanjutnya pada tahun 2019, di ruang rapat lantai 3 besar, Kemenko PMK, Jakarta,Senin (15/7/2019)

Rapat Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian (KSP) tentang pelaksanaan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Suprapto.

Turut mendampingi Agus, Asisten Deputi Bidang Ketahanan Gizi, KIA dan Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK, Meida Octarina.

Hasil rapat evaluasi pelaksanaan GERMAS sendiri merekomendasikan agar K/L terkait yang telah menerima alat deteksi dini (tensimeter) dari Menko PMK untuk menggunakannya secara efektif. Sementara Surat Edaran/ SK dari masing-masing K/L dalam dukungan pelaksanaan Germas di kantor masing-masing (Pic Biro Perencanaan/ Humas) harus meliputi peregangan, konsumsi sayur dan buah saat rapat dan cek kesehatan secara rutin.

Selain itu, Kemenko PMK akan bersurat mengingatkan kembali tentang dukungan pelaksanaan GERMAS dari masing-masing K/L. Kepada masing-masing K/L juga diharapkan melaporkan pelaksanaan GERMAS sesuai dengan tupoksi untuk dilaporkan kepada Menko PMK. Rekomendasi lainnya, meminta Kominfo lebih berperan dalam mendukung pelaksanaan GERMAS serta informasi tentang keamanan pangan.

Rapat yang sebelumnya dimulai dengan senam peregangan ini dihadiri berbagai Kementerian dan Lembaga. Diantaranya, Kemenkes, Kemendikbud, Kemensos hingga BPOM.(Humas PMK/munir)