oleh

Beralaskan Daun Pisang, Satgas TMMD Kodim Cianjur Makan Bersama Warga

CIANJUR, channel-indonesia.com – Hampir sepekan, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 di Desa Ciandam, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur berlangsung. Bahkan, hampir sebagian sasaran fisik sudah mencapai selesai.

Namun, disisi lain antara anggota Satgas dan warga semakin akrab, seolah sudah kenal lama. Bahkan, tidak ada sekat antara aparat dan warga biasa. Karena mungkin, setiap hari selalu bersama, bekerja bersama-sama, istirahat bersama-sama, bahkan, makan pun bersama-sama.

Dengan tren peningkatan pembangunan, program rutin TNI ini pun telah mengubah paradigma dan pandangan masyarakat terhadap sosok tentara.

Salah seorang masyarakat yang ikut serta bergotong royong, warga di Desa Ciandam memandang bahwa kehadiran TNI di wilayahnya bisa mengubah cara pandang warga desanya terhadap tentara.

”Semula warga masih merasa segan atau bahkan takut terhadap tentara, tetapi dengan sering dilaksanakan TMMD atau sejak adanya TMMD, justru mereka menjadi bersimpati dan sangat suka TNI, ” ungkap salah seorang warga,

Dirinya mengaku, setelah bersentuhan dengan TNI saat TMMD ini, para warga melihat dan merasakan sendiri ternyata TNI itu baik dan ramah-ramah.

Terlihat, disaat anggota satgas dan warga tengah beristirahat dan melakukan makan siang dengan makan liwet yang disajikan warga. Dengan menggunakan alas dari daun, anggota satgas bersama warga makan bersama dengan enjoy seakan tanpa ada batas dan terlihat harmonis.

Sesekali diantara mereka melemparkan candaan yang membuat suasana semakin mencair. Masyarakat mengucapkan terima kasih dengan makan siang yang menjadi rutinitas selama TMMD ini.

“Pembawaan para anggota TNI Satgas TMMD sangat ramah, bersahabat, dan mengubah penilaian warga, sangat harmonis. Kami sangat senang dengan adanya TMMD ini, selain kampung kami menjadi lebih bagus, kampung kami juga semakin ramai,” imbuhnya. (Arif)

Berita Terbaru