Jelaskan Soal TMMD, Dandim Martapura Hadiri Pencanangan Kampung Tangguh Banua

oleh -

MARTAPURA – Tak hanya bertugas mempertahankan kesatuan Negara Republik Indonesia dari gangguan luar, TNI juga memiliki tugas selain perang yang berhubungan langsung dengan kehidupan sosial masyarakat misalnya menangani wabah Covid -19.

Selain itu, TNI khususnya Babinsa salah satunya bertugas menjadi pendamping para petani dalam mewujudkan swasembada pangan dan menjalankan tugas penanggulangan bencana serta TMMD.

Dandim 1006/Martapura Letkol
Arm Siswo Budiarto S.I.P, M.M,M.I,Pol usai menghadiri pencanangan Kampung Tangguh Banua siang tadi menuturkan
ketersediaan Komamdo Teritorial Kodim Martapura dalam mewujudkan rasa aman mendukung pemerintah dalam membangun dan membantu penanganan bencana di daerah yang dijadikan target pencapaian swasembada pangan Tahun 2020 di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

Menurutnya, hal tersebut sudah sepatutnya dilaksanakan seiring intruksi komandan tertinggi di TNI.

” Melalui melaksanakan kegiatan membantu pemerintah penanganan protokol kesehatan covid -19
masyarakat, baik dalam masa tanam pendampingan pembibitan pemupukan, perairan pencegahan ganggauan ke depan hal ini akan terus dilaksanakan dan dilaporkan secara kontinyu ke komando, ” jelasnya.

Ditambahkan Dandim Martapura, di kabupaten Banjar memiliki 20 kecamatan, dan satu di antaranya
menyelenggarakan TMMD Ke -108 yaitu Desa Biih Kecamatan Karang Intan, yang kini sedang berjalan dengan membuka akses jalan sepanjang 4 Kilometer, membangun jembatan beton dan banyak lagi lainnya.

Sementara itu, imbuhnya lagi, mengingat dua wilayah Kab/ Kota ini cukup bagus dan luas potensi hanya saja kondisi alam dan kebiasaan masyarakat setempat masih menggunakan cara tradisional, atau budaya, sekarang tidak lagi karena jaman sudah berbeda melanium.

” Hari ini kita membuka wawasan masyarakat dengan melihat membentuk kampung tangguh berinovasi dengan menerapkan sistem pola hidup sehat agar tidak terkontaminasi wabah Corona.” (Luska)