Dandim Martapura Paparkan Anggaran Dana TMMD Ke – 108 Kabupaten Banjar

oleh -

MARTAPURA – Dandim Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menjelaskan  TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD adalah operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral dengan Kementerian/LPNK, Pemda, dan segenap unsur termasuk dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Hal ini sebagai upaya membantu Pemda dalam mempercepat pemerataan pembangunan di wilayah, ujarnya saat melakukan kunjungan ke lokasi Pra – TMMD desa Biih.

Dijelaskan Dandim, untuk program pembangunan awal tahun 2020 ini, Kodim 1006/ Mtp mewakili 9 Kodim jajaran Korem 101/ Ant, tidak termasuk Kodim 1005/ Marabahan karena saat ini juga sedang melaksanakan perbaikan desa.

Untuk Pra – TMMD Ke -108, terang Letkol Siswo ,sasarannya adalah membangun akses umum masyarakat di Desa
Biih Kecamatan Karang Intan Martapura Kabupaten Banjar.

Ditambahkannya, untuk total anggaran adalah sebesar 1 Miliar lebih yang bersumberkan dari APBD Kabupaten Banjar, yang dipergunakan untuk memperbaiki  Infrastruktur seperti pembukaan jalan dan pengerasan, pembuatan jembatan.

” Dukungan anggaran dari Mabes TNI dana PJO Operasional 482.500.000, DPMD Provinsi dana 85.000.000 untuk sasaran tambahan seperti Bedah rumah dan Musholla, MCK serta Pos Kamling, sedangkan Sasaran Non Fisik DPMD kabupaten Banjar 24.200.000 berupa penyuluhan,” ungkap Dandim Martapura.

TMMD 108 ini akan berlangsung selama satu bulan resmi dibuka 30 Juni nanti. Adapun pekerjaan utama meliputi pengerasan jalan sepanjang 4 kilometer dengan lebar 8 meter di satu titik lokasi, pembangunan jembatan, serta gorong – gorong

Untuk sasaran tambahannya yaitu merehab rumah tidak layak huni, Musolla, serta Pos Kamling.

“ Pra TMMD ini nantinya secara teknis akan dikerjakan oleh Satgas TMMD. Dalam Pra TMMD ini pekerjaan dilakukan oleh anggota Kodim, TNI -AL, TNI -AU bersama masyarakat setempat,” tandasnya.

” Pasca pembangunan diharapkan lebih mensejahterakan masyarakat setempat khususnya yang mendambakan akses transportasi/ruas jalan menuju pemerintahan menjadi layak, disamping itu bagi TNI adalah meningkatkan kemanunggalannya dengan rakyat.” Pungkasnya.(Luska)