Demi Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Tanjung Tengah Bantu Panen Padi Warganya

oleh -

PENAJAM,channel-indonesia.com– Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang dari bumi Nusantara ini, khususnya di wilayah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan tetapi tidak membuat semangat seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Tanjung Tengah patah arang untuk terjun di tengah-tengah masyarakat binaanya.

Salah satunya anggota Koramil 0913-01/Penjam Kodim 0913/PPU Serda Herry yang kesehariannya bertugas sebagai Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah terjun langsung ke sawah membantu bapak Ponidi Kelompok Tani (Poktan) Sri Rezeki di Desa Sidorejo Jln Pondok Kessi RT 01 Kelurahan Tanjung Tengah, Sabtu (12/6/2020).

“Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memotivasi semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan oleh pemerintah.TNI Angkatan Darat memerintahkan satuan jajaran Kodim terutama para Babinsa agar selalu terjun ke lapangan dan berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam menjalankan tugas di lapangan sehingga dapat berjalan dengan lancer”, jelas Danramil Kapten Inf Imam S.

“Untuk mendukung program tersebut serta untuk mencapai target, Babinsa selalu memberikan pendampingan secara teori maupun praktek langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai dan sukses.”tambah Danramil Penajam.

“Seorang Babinsa yang fungsi dan tugasnya melakukan pembinaan di Desa/Kelurahan sekaligus melakukan bimbingan terhadap kelompok tani, maka ia harus terjun aktif dalam memberikan pendampingan kepada kelompok tani, sehingga masyarakat petani betul betul merasakan manfaat dari kehadiran Babinsa ditengah tengah masyarakat, diharapkan kedepan Babinsa terus bersinergi dengan masyarakat dan kelompok tani agar pencapaian hasil panen terus meningkat”, tutupnya.

Diketahui memanen padi jenis Panther dengan Luas sawah 1/2 Hektar dan mendapat hasil panen 13 karung. alat yang di gunakan untuk memanen ialah menggunakan mesin panen Brigade Handpangan yang di operasikan oleh Haeruddin beserta dua rekannya. Kegiatan ini juga menerapkan Protap Protocol Kesehatan Covid-19.(munir)