oleh

Pupuk Jiwa Patriotisme dan Nasionalisme, Prajurit Kakatua Raja Sakti Ikuti Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera

SORONG, channel-indonesia.com – Dalam rangka mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran laut Arafuru, prajurit Resimen Kavaleri 3 Marinir (Menkav 3 Mar) Pasmar 3 mengikuti upacara peringatan Hari Dharma Samudera yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Brigif 3 Marinir Kesatrian Marinir Katapop Abraham Octavianus Atururi, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Sabtu (15/01/2022).

Pertempuran Laut Arafuru merupakan pertempuran yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 antara Angkatan Laut Indonesia dengan Belanda, dimana Komodor Yos Sudarso dengan KRI Matjan Tutul gugur dalam pertempuran ini lalu menyerukan pesan terakhirnya “Kobarkan semangat pertempuran”.

Peristiwa ini merupakan peristiwa bersejarah bagi TNI Angkatan Laut dalam memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan diawali dengan persiapan pasukan yang dipimpin oleh Mayor Mar Mustafa Bugis selaku Komandan Upacara (Danup), bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Komandan Brigade Infanteri 3 Marinir Kolonel Marinir Edy Prayitno, S.M.

Dalam amanatnya, Irup menyampaikan bahwa peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2022 kita gunakan sebagai momentum untuk mengenang kepahlawanan pejuang-pejuang samudera yang telah mendharma baktikan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara.

Di kesempatan yang sama Danmenkav 3 Marinir Kolonel Marinir Tommy Dwijanto, CTMP menjelaskan bahwa pelaksanaan upacara ini untuk memperingati Gugurnya para Pahlawan dalam pertempuran Laut Arafuru sekaligus merupakan wujud jiwa patriotisme dan nasionalisme para prajurit untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dalam medan pertempuran.

Kegiatan berjalan dengan lancar hingga selesai dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaannya. (Arif)

Berita Terbaru