oleh

Pushidros TNI AL Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H/2021 M

JAKARTA, channel-indonesia.com –Pusat Hidro-Osenaografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) memperingati Maulid nabi besar Muhammad S.A.W 1443 H/2021 M yang digelar di Masjid Safiinatul Muttaqin Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Kamis (21/10).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W yang digelar tahun ini mengusung tema “Melalui Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/ 2021 H Kita Tingkatkan Ketauladanan dan Etos Kerja Personel TNI Guna Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok TNI di Tengah Pandemi Covid-19” yang di ikuti para Pejabat Utama Pushidrosal, Pengurus Gabungan Jalasenastri Pushidrosal, serta seluruh personel Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Pushidrosal.

Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. dalam sambutannya menyampaikan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan ini pada hakikatnya mengandung tiga makna penting ditinjau dari aspek pembinaan personel secara menyeluruh. Diantaranya, acara tersebut untuk menggugah kembali kesadaran warga muslim untuk beruswatun hasanah kepada rasul atas contoh-contoh kebaikannya. Meneladani kehidupan rasul dalam mengamalkan dan mengaplikasikan sikap, perilaku dan sifat-sifat terpuji beliau yang mencerminkan kualitas akhlak yang sangat mulia. Makna yang kedua peringatan ini merupakan momen yang tepat bagi kita untuk menilai atau mengintrospeksi diri, sejauh mana kita mampu menerapkan atau meneladani contoh yang ditunjukkan rasul dalam kehidupan sehari-hari. Dan makna terakhir sebagai sarana pembinaan satuan dalam upaya memupuk dan meningkatkan disiplin anggota serta berakhlak mulia.

“Perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW dalam mengemban amanah Tuhan YME untuk Syiar Islam penuh dengan tantangan dan cobaan yang berat, namun rasul senantiasa tabah dan tawakal menghadapinya. Hal ini tercermin pada sikap beliau yang sabar, rendah hati, penyayang dan pemaaf dengan akhlakul karimah tersebut berhasil memperbaiki moral bangsa Arab, serta mensyiarkan ajaran Islam ke seluruh penjuru dunia.” Tambah Danpushidrosal

Sementara itu sebagai penceramah pada kesempatan ini adalah Laksamana Pertama TNI Drs. H. Ian Heryawan, CHRMP., yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Kadisbintalal) juga menyampaikan peringatan Maulid nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan kali ini, pada hakekatnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembinaan personel dengan tujuan agar derajat keimanan dan ketaqwaan segenap personel Pushidrosal dapat menunjang kulitas pengabdian prajurit dan PNS Pushidrosal dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

Rangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diawali dengan pembukaan, pembacaan Kitab suci Alquran, Pembacaan Saritilawah, sambutan Danpushidrosal, dilanjutkan Ceramah agamaserta ditutup dengan doa bersama. (Maliki)

Berita Terbaru