oleh

Gunakan E-BMP, TNI AL Mampu Awasi Penggunaan BMP Secara Real Time

JAKARTA, channel-indonesia.com – TNI Angkatan Laut dalam waktu dekat akan mampu melakukan pengawasan penggunaan BMP (Bahan Bakar Minyak dan Pelumas) yang digunakan seluruh jajarannya secara real time. Hal tersebut terungkap pada saat dilaksanakan sosialisasi Digitalisasi E-BMP oleh Dinas Perbekalan Angkatan Laut (Disbekal) kepada para pejabat pembekalan yang mengelola BMP di wilayah Surabaya, bertempat di Wisma Perwira Puspenerbal, Juanda, Surabaya, Senin (27/9).

Aplikasi E-BMP merupakan sistem pelaporan penggunaan BMP secara real time yang berbasis digital. Dengan sistem digitalisasi BMP ini dapat secara langsung dapat melihat penggunaan BMP di satuan bawah, sehingga pengawasan dalam penggunaan BMP di lingkungan TNI AL bisa dimonitor secara langsung yang juga akan mengurangi kesalahan, dan keterlambatan pelaporan BMP. Penggunaan sistem digitalisasi BMP ini dapat digunakan untuk pelaporan BMP darat dan laut.

Kadisbekal Laksma TNI Eko Purwanto, S.E., M.A.P., C.Fr.A. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasubdis Kodifikasi Kolonel Laut (T) Sugeng Priono, S.E., M.M. mengatakan bahwa sistem baru ini sangat bermanfaat dalam tata cara pelaporan BMP kepada pimpinan dan dapat mengurangi birokrasi pelaporan yang selama ini berjalan lambat, sehingga pelaporan dapat diterima secara cepat dan efektif, serta mengurangi pemakaian kertas untuk pelaporan (paperless).

Lebih jauh disampaikan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan pengelolaan BMP di lingkungan TNI AL dan diharapkan dalam tahun ini seluruh kegiatan digitalisasi BMP TNI AL sudah dapat berjalan secara efektif.

Penggunaan E-BMP di lingkungan TNI AL ini merupakan salah satu bentuk prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam perbaikan sistem duklog guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI AL. (Arif)

Berita Terbaru