oleh

Prajurit Tanjungpura Tunjukkan Kemampuan Tempur di Puncak Latihan YTP Yonif R 641/Bru

OKU TIMUR, channel-indonesia.com – Para Prajurit Kodam XII/Tanjungpura menunjukkan militansi dan kemampuan tempurnya pada latihan puncak Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 641/Beruang, dilaksanakan hari ini di daerah latihan Puslatpur Kodiklatad, Martapura, Oku Timur, Sumatera Selatan. Sabtu (4/9/21)

Latihan Operasi Militer Perang kali ini diikuti sebanyak 772 prajurit dari satuan jajaran Kodam XII/Tpr. Latihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit dari Satpur, Satbanpur dan Satbanmin dalam melaksanakan prosedur pertempuran secara terintegrasi antar kecabangan dalam menghadapi ancaman musuh.

Masing-masing satuan kecabangan yang tergabung dalam YTP Yonif R 641/Bru melakukan manuver seperti penembakan senjata mesin berat (SMB) dan Mortir 81, manuver kendaraan tempur Tank serta penembakan jarak jauh menggunakan meriam 155 KH-179.

Latihan ditinjau langsung Wakasad, Letjen TNI Bakti Agus Fadjari. Turut serta hadir dalam peninjauan, Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos, Aslat Kasad, Mayjen TN Harianto, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Danpuslatpur Kodiklatad, Brigjen TNI Judi Paragina Firdaus, M.Sc., Kasdam II/Swj, Wadanpusenkav, Ir Pussenarmed dan Ir Pussenif.

Wakasad, Letjen TNI Bakti Agus Fadjari saat memberikan pengarahan, menekankan kepada seluruh peserta latihan untuk dapat mengambil manfaat dari latihan guna meningkatkan profesionalisme prajurit.

“Dari latihan ini ambil semuanya, kemudian kuasai, dalami dan kembangkan di satuan. Kuasai semua yang telah dilakukan di daerah latihan ini,” tegasnya.

Wakasad mengatakan, latihan YTP Yonif R 641/Bru sejalan dengan visi dari negara. Presiden mencanangkan tentang peningkatan kualitas SDM. Salah satunya adalah dengan latihan.

“Apa yang kita lakukan tidak hanya sekedar program Angkatan Darat tapi bagian dari mendukung program negara,” katanya.

Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos, menilai bahwa latihan kali ini merupakan latihan tingkat Batalayon yang pernah diikutinya. Dankodiklat berharap menjadi pengalaman sangat baik dan luar biasa untuk prajurit. Selain itu juga menjadi hal positif untuk jajaran Kodam XII/Tpr.

“Ini satu keberhasilan untuk Kodam XII/Tpr. Terimakasih atas dukungan sangat luar biasa semua berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Dankodiklatad.

Sedangkan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengucapkan terimakasih kepada Kasad yang telah memberikan kepercayaan untuk melaksanakan latihan.

Kegiatan ini sangat membantu Kodam XII/Tpr terutama di bidang pembinaan dan penggunaan kekuatan. Sehingga saat ini kami memiliki referensi yang terbaik, dan akan kita buatkan program sebagai sejarah satuan juga,” ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Arif)

Berita Terbaru