oleh

Tekan Penyebaran Covid-19, Kodim 0206/Dairi Bersama Polres dan Satpol PP Gelar Operasi Yustisi

DAIRI, channel-indonesia.com – Kodim 0206/Dairi Korem 023/Kawal Samudra bersama Polres Dairi dan Satpol PP Gelar Operasi Yustisi bertempat di Jl. Makam Pahlawan, Kelurahan Batang Beruh, Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, aparat gabungan yang terdiri dari Personil Kodim 0206/Dairi, Personil Polres Dairi, Personil Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan/DLAJR Kabupaten Dairi.

Target Operasi kali ini adalah penggunaan masker, aparat gabungan memastikan kepatuhan masyarakat Kabupaten Dairi dalam penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi ini yang mana akhir akhir ini klaster baru penyebaran virus covid-19 bermunculan dan masyarakat yang terpapar meningkat.

Untuk menekan penyebaran covid-19, hari ini, Kodim 0206/Dairi bersinergi dengan Polres Dairi, Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi melakukan Operasi yustisi serta penegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan.

Kegiatan operasi yustisi di lakukan di seputaran jalan raya depan Makam Pahlawan, Kelurahan Batang Beruh, Sidikalang, sebelum kegiatan di gelar di laksanakan apel persiapan dan pemberian arahan kepada petugas.

Dari keterangan personil Kodim 0206/Dairi Peltu Candra Ginting dilapangan menerangkan bahwa kegiatan operasi yustisi ini melakukan penindakan serta pemberian teguran kepada setiap pelanggar protkes yang kedapatan tidak memakai masker di lokasi publik.

“Dalam Operasi yustisi petugas menjaring 57 orang yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar”sebutnya.

Terhadap pelanggar protkes dalam pelaksanaan Gakkum ops yustisi di berikan penindakan atau teguran serta menginput data otentik setiap pelanggar prokes, ujarnya.

Terpisah, Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono SH mengatakan, penegakan protokol kesehatan yang melibatkan anggotanya sebagai komitmen Kodim 0206/Dairi dalam membantu pemerintah daerah dan sesuai Instruksi Bupati Kab Dairi Nomor 188-5/ 4090 Tahun 2021 tanggal 6 Juli 2021 ttg Optimalisasi Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Tingkat Kecamatan dan Kampung/ Kelurahan Dalam Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) Diwilayah Kabupaten Dairi.

“Operasi yustisi ini, guna mencegah terjadinya penyebaran covid-19, maka setiap pelanggar di input data otentiknya yang di masukan dalam aplikasi silacak” ucap Dandim.

Seperti di ketahui tingkat penyebaran covid-19 di Kabupaten Dairi semakin meningkat, karena masyarakat sudah banyak yang mengabaikan anjuran yang di tetapkan pemerintah.

“Di Kabupaten Dairi ini kita tidak menginginkan terjadi penyebaran covid-19 meningkat, kapan perlu di lakukan secara masif, sehingga tidak banyak warga yang terpapar, tentu perlu dukungan semua pihak untuk memutus rantai covid-19 ini” sebut Dandim.

Dalam melaksanakan aktivitas tidak ada larangan, akan tetapi kondisi yang di hadapkan dengan pandemi covid-19, tentu harus mematuhi protkes, agar tidak terjadi penyebaran yang akan berdampak kepada orang banyak, ujarnya lagi.

Diakuinya, untuk tingkat kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan memang sudah mulai meningkat, bahkan dalam operasi yustisi tidak terlalu banyak yang ditemukan melanggar protkes.

“Kita harapkan kepatuhan masyarakat soal protokol kesehatan semakin meningkat, agar dapat menekan kasus positif di bumi Pakpak yang kita cintai ini” tutupnya mengakhiri. (Arif)

Berita Terbaru