oleh

Kodim Gowa Perbaiki dan Pembersihan Makam Sultan Hasanuddin

GOWA, channel-indonesia.com – Sesuai intruksi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H., pekan lalu, untuk perbaikan dan pembersihan makam Sultan Hasanuddin, personel Kodim 1409/Gowa dengan sigap lakukan karya bakti, di kompleks pemakaman, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kab. Gowa. Minggu pukul 08.00 Wita (18/04/2021).

Diketahui nama Pahlawan Sultan Hasanuddin dipakai TNI AD sebagai logo Kodam XIV/Hasanuddin, tentunya merupakan suatu penghargaan sebagai Pahlawan Nasional, selain itu juga sebagai penghormatan dan kebanggaan terhadap semangat juang yang dijuluki Ayam Jantan dari Timur.

Sultan Hasanuddin adalah ruh bagi seluruh prajurit Kodam Hasanuddin dengan semboyan “Setia Hingga Akhir”, Jiwa patriotisme, militansi dan semangat juang terpatri dalam diri seluruh prajurit Hasanuddin dalam membela bangsa dan negara guna menjaga kedaulatan NKRI.

Pangdam menyampaikan, bahwa perbaikan dan pembersihan situs-situs bersejarah makam Sultan Hasanuddin adalah tanggung jawab kita bersama, ini pun berkoordinasi dengan pihak keluarga dan pemerintah daerah setempat .

“Perbaikan dan pembersihan ini akan dilakukan secara berkala dan untuk makam Sultan Hasanuddin saya melakukannya secara pribadi selaku Pangdam, sehingga bisa terawat dengan baik, meskipun tidak besar nilainya tetapi pembersihan dan perbaikan tentunya akan membuat makam Sultan Hasanuddin menjadi bagus, karena situs bersejarah ini ada nama besar Kodam”, ujar Mantan Kepala BIN Jawa Timur ini.

“Selain itu perawatan akan dilakukan juga di Monumen Mandala kesemuanya menjadikan fokus perhatian dari saya, sudah selayaknya seluruh situs bersejarah yang merupakan bukti sejarah bangsa harus dirawat dengan baik sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan, sebagai sejarah warisan leluhur untuk generasi penerus bangsa”, tutupnya

Di tempat lain, Dandim 1409/Gowa Letkol Arh M. Suaib mengatakan, guna menindak lanjuti intruksi Pangdam tersebut, kegiatan dan pembersihan makam Sultan Hasanuddin telah memasuki hari ke lima. “Personel yang di kerahkan ada 75 orang dilibatkan dalam perbaikan dan pembersihan ini baik dari Koramil yang ada di Kodim Gowa” jelasnya.

“Sejumlah sasaran perbaikan dan pembersihan fokus pada yang rusak maupun halaman yang kotor misalnya, pada pintu gerbang masuk kompleks, pagar, kubah patung makam, palfon maupun aula, kita bekerja yang terpenting hasilnya yang kita capai bisa maksimal”, tambahnya. (Maliki)

Berita Terbaru