oleh

Meriahkan HUT ke-57, Dharma Pertiwi Daerah L Gelar Lomba Keluarga Tangguh Sejahtera

KUBU RAYA, channel-indonesia.com – Dharma Pertiwi Daerah L menggelar Lomba Keluarga Tangguh Sejahtera bertempat di Aula Sudirman Makodam XII/Tpr dan Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Kesdam XII/Tpr. Lomba kali ini dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Dharma Pertiwi Tahun 2021. Kamis (18/3/21)

Lomba Keluarga Tangguh Sejahtera diikuti perwakilan dari istri prajurit dari unsur Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tpr, Jalasenastri Korcab XII DJA I Lantamal XII/Pontianak dan PIA Ardya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio.

Ketua Dharma Pertiwi Daerah L, Ny. Ely Nur Rahmad saat membuka lomba mengatakan, sebagai unit terkecil dalam sistem sosial, keluarga memiliki peran yang sangat penting. Keluarga juga menjadi pertahanan utama yang dapat menangkal berbagai pengaruh negatif dari dinamika sosial yang ada, dimana keluarga dengan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi berpotensi lebih besar untuk dapat memiliki ketahanan keluarga yang tangguh.

Keluarga dikatakan memiliki tingkat ketahanan yang tinggi apabila mampu memenuhi aspek ketahanan fisik, sosial dan psikologis yang dapat diukur melalui indikator legalitas kependudukan, kemitraan gender, komunikasi dan harmonisasi yang baik antara suami dengan istri, tercukupinya kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan dan gizi bagi seluruh anggota keluarga.

“Kita harus sepakat bahwa untuk mewujudkan “Keluarga Tangguh Sejahtera” perlu upaya pengendalian kuantitas, peningkatan kualitas dan mobilitas keluarga yang terarah dan terpadu,” kata Ny. Ely Nur Rahmad.

Selanjutnya Ny. Ely Nur Rahmad menyampaikan, pada peringatan HUT ke-57 Dharma Pertiwi tahun 2021 ini mengusung tema “Dharma Pertiwi Berperan serta Mewujudkan Keluarga yang Tangguh, Produktif dan Inovatif di Masa Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Maju”.

“Tema tersebut tidak serta merta hanya sebuah slogan semata, akan tetapi sebagai cerminan kebulatan tekad keluarga besar Dharma Pertiwi untuk senantiasa berperan serta dalam membangun keluarga prajurit menjadi tangguh dan sejahtera,” ujar istri Pangdam XII/Tpr.

Ny. Ely Nur Rahmad menegaskan, di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, menjadi keluarga yang tangguh adalah harapan semuanya, memiliki keluarga kuat adalah dambaan, ketangguhan adalah ketahanan keluarga. Artinya kondisi keluarga yang memiliki keuletan, ketangguhan dan mengandung kemampuan fisik materiil serta psikis mental spiritual guna hidup mandiri, mengembangkan diri dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan kebahagiaan bathin.

“Oleh karena itu, jadikan momentum lomba keluarga tangguh sejahtera ini sebagai masukan positif dan pengalaman yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk menjadikan keluarga kita yang harmonis, tangguh dan sejahtera dengan tetap berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tegas Ny. Ely Nur Rahmad. (Arif)

Berita Terbaru