oleh

Lanud J.B. Soedirman Gelar Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran

PURBALINGGA, channel-indonesia.com – Lanud Jenderal Besar Soedirman melaksanakan sosialisasi dan latihan penggunaan alat pemadam kebakaran dan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran di Mako Lanud J.B. Soedirman Purbalingga, Senin (1/3/2021).

Kegiatan yang merupakan program kerja Lanud J.B. Soedirman TA. 2021 Bidang Operasi dan Latihan tersebut dipimpin Kasiopslat Lanud J.B. Soedirman Kapten Lek Widhy dan Ps. Kalambangja Lettu Sus Jimmy bersama anggota Base Rescue Lanud J.B. Soedirman dengan peserta latihan anggota Lanud J.B. Soedirman.

Kasiopslat Lanud J.B. Soedirman sesaat sebelum dimulainya latihan mengatakan bahwa pelaksanaan latihan penanggulangan bahaya kebakaran ini adalah untuk mensosialisasikan dan melatihkan kembali penggunaan  dan bagian-bagian alat pemadam kebakaran ringan (APAR) berupa APAR jenis CO2 dan Dry Chemical Powder serta APAR jenis Hydrochlorofluorocarbon (HCFC) maupun yang tradional seperti karung goni, garpu dan pasir.

“Dengan latihan ini diharapkan kemampuan anggota Lanud J.B. Soedirman bertambah. Kita sudah siap apabila kejadian yang tidak kita inginkan, kebakaran terjadi. Jangan panik, tanamkan kembali pola pikir kita, harus apa dan berbuat apa. Apabila kejadiannya dalam gedung, ikuti gambar arah evakuasi yang sudah tertempel disetiap bangunan menuju titik kumpul”.

Di skenariokan saat latihan tersebut, terjadi konsleting listrik yang mengakibatkan percikan api dan terjadi kebakaran di salah satu gedung Lanud J.B. Soedirman.   Kemudian orang yang pertama melihat api berteriak “Kebakaran, api-api-api”.

Semua orang bertindak cepat mengamankan apa-apa yang dianggap penting seperti dokumen arsip dan lainnya. Serta menuju titik kumpul yang sudah ditentukan.

Selanjutnya tim Pemadam Kebakaran dengan dibantu anggota Lanud J.B. Soedirman berhasil memadamkan api menggunakan peralatan yang tersedia. (Arif)

 

Keterangan Foto :

Anggota Lanud J.B. Soedirman melaksanakan sosialisasi dan latihan penggunaan alat pemadam kebakaran dan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran di Mako Lanud J.B. Soedirman Purbalingga

Berita Terbaru