oleh

Rasko Koarmada III, Pangkoarmada III Sampaikan Penekanan Panglima TNI dan Kasal Pada Rapim Tahun 2021

SORONG, channel-indonesia.com – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) memimpin Rapat Staf dan Komando (Rasko) Koarmada III Tahun 2021 secara virtual, yang dipusatkan di Puskodal Mako Koarmada III Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, Selasa (23/2/2021).

Rasko Koarmada III Tahun 2021 diikuti Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, Kapok Sahli Koarmada III Laksma TNI Lilik Suparyana, S.T., M.Tr. (Han)., Komandan Guspurla dan Komandan Guskamla Koarmada III, para Komandan Lantamal dan Komandan Lanal jajaran Koarmada III di Mako masing-masing. Rasko Koarmada III juga terdapat paparan dari para Asisten Pangkoarmada III.

Setelah membuka secara resmi, Pangkoarmada III menyampaikan penekanan dan arahan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.T.P., dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pada Rapim TNI-POLRI, Rapim TNI, dan Rapim TNI AL yang telah dilaksanakan di Jakarta minggu yang lalu. Penekanan tersebut untuk dipedomani seluruh jajaran Koarmada III dalam melaksanakan tugas.

“Penyelenggaraan Rapat Staf dan Komando ini merupakan momentum yang sangat penting bagi kita semua. Melalui forum ini, kita mengevaluasi program kerja dan anggaran tahun 2020 jajaran Koarmada III, sekaligus sebagai media penyampaian permasalahan dan mencarikan solusi serta pemecahannya, guna menindaklanjuti pokok-pokok kebijakan Pemimpin TNI/TNI Angkatan Laut tahun 2021.

Pangkoarmada III juga menekankan bahwa banyak kemajuan telah dicapai dari berbagai kegiatan yang diprogramkan Tahun 2020. Semuanya ini tidak terlepas dari kesungguhan dan kerja keras serta manajemen yang baik dari seluruh personel jajaran Koarmada III dan diiringi pengawasan melekat serta pemeriksaan secara terus menerus. “Namun demikian, kita juga harus menyadari masih diberbagai sisi yang harus kita optimalkan dan sempurnakan di tahun 2021 ini” ujarnya.

Sejumlah pokok-pokok kebijakan Panglima TNI tahun 2021 antara lain pertahankan netralitas TNI, tingkatkan koordinasi yang baik dengan Pemerintah/Pemda, wujudkan organisasi TNI yang tangguh, bersih, akuntabel dengan SDM (prajurit) yang profesional, memiliki integritas dan berkinerja tinggi, dan laksanakan vaksinasi Covid-19 terhadap seluruh personel TNI beserta keluarga.

Sedangkan penekanan Kasal antara lain mendukung kebijakan pemerintah dalam bentuk kegiatan Satker tahun 2021 yang difokuskan pada Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN) serta program vaksinasi nasional, utamakan kesiapan operasional Alutsista, personel pengawak terlatih dan kemampuan dukungan pangkalan yang ditunjang oleh validasi organisasi TNI AL secara terencana sesuai skala prioritas beserta pentahapannya, wujudkan sinergitas bersama komponen kekuatan pertahanan dan keamanan negara dalam bingkai Sishankamrata dan konsep Trimatra terpadu berbasis teknologi NCW (Network Centric Warfare).

“Dari beberapa penekanan Panglima TNI dan penekanan Kasal tersebut, dalam rangka mewujudkan pencapaian kinerja Koarmada III, seluruh Kasatker harus saling berkoordinasi, bekerja keras, membangun komitmen serta bersama-sama mengimplementasikan berbagai kebijakan pemimpin yang telah digariskan, guna mewujudkan Koarmada III sebagai alat pertahanan negara di laut yang tangguh dan handal,” tegas Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han). (Arif)

Berita Terbaru