oleh

Lanud Supadio Gelar Latihan Crash Team

PONTIANAK, channel-indonesia.com – Memasuki semester I Tahun 2021 Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio menggelar latihan Crash Team. Latihan yang berlangsung pada Rabu (27/01/2021) melibatkan puluhan personel gabungan diantaranya personel Dinas Operasi (Disops), Skadron Udara 1, RSAU dr. Mohammad Sutomo, Satpomau, Seksi Pemadam Kebakaran (PK) dan Batalyon 465 Paskhas.

Disela-sela persiapan latihan, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Letkol Pnb Agung Indrajaya mengungkapkan jika latihan ini rutin dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kecepatan pada penanganan accident/incident serta bagaimana cara penanganannya secara tepat.

“Banyak unsur yang kita libatkan dalam latihan ini, terutama dari crash team. Hal ini berguna untuk mewujudkan personel crash team yang profesional dan memahami cara yang tepat dalam penanganannya apabila terjadi kasus seperti ini penugasan,” ungkap Kadisops.

Kemudian ditambahkan juga bahwa penting bagi crash team untuk mampu bertindak sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan dalam kondisi apapun.

“Kedepan kita akan tambahkan tingkat kesulitan dalam latihan agar terbiasa dalam berbagai kondisi dan situasi yang berbeda serta dapat beradaptasi dalam penanganannya secara tepat sehingga mengurangi tingkat kerugian baik materiil maupun jiwa,” ujar Kadisops.

Selanjutnya, Kasiopslat Lanud Supadio selaku koordinator latihan Mayor Pnb D. Leo Dumatubun menjelaskan bahwa dalam latihan kali ini disimulasikan satu pesawat mengalami permasalahan teknis dan perlu segera mendapatkan penanganan dari crash team. (Arif)

Berita Terbaru