oleh

54 Orang Pengungsi Gempa Bumi Mamuju Tiba Di Solo dengan Pesawat Herkules TNI AU

SURAKARTA, channel-indonesia.com – Dalam rangka membantu pemerintah menangani akibat bencana gempa bumi di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat, Pesawat TNI AU Hercules C-1330 berpartisipasi mengevakuasi warga yang terdampak gempa. Sebanyak 54 pengungsi asal Jawa Tengah diterbangkan dari Lanud Hasanudin Makassar menuju ke Solo. Kamis (21/1)

Pesawat Herkules sendiri membawa Sejumlah 102 Pengungsi, yang terdiri dari 54 pengungsi asal Jawa Tengah yang tiba di Lanud Adi Soemarmo dan 48 pengungsi asal Jawa Timur diterbangkan ke Lanud Abdulrahman Saleh Malang.

Pada kesempatan tersebut Lanud Adi Soemarmo bekerjasama dengan Dinas Sosial Propinsi jawa Tengah dan Pemkot Surakarta untuk menerima kedatangan para pengungsi, Setibanya di Lanud Adi Soemarmo para pengungsi yang turun di Solo guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sebelum dan sesudah penerbangan para pengungsi melaksanakan tes swab antigen oleh tim medis dan menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker dan sarung tangan, kemudian para pengungsi dibawa ketempat isolasi di STP (Solo Techno Park) oleh Pemkot Surakarta.

Turut menjemput kedatangan para pengungsi yang turun di Lanud Adi Soemarmo diantaranya Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, S.T., M.M, Sekda Surakarta Bapak Ahyani dan kepala Dinas Sosial propinsi Jawa Tengah Harso Susilo.

Pada kesempatan tersebut Dan Lanud Smo mengatakan TNI AU akan membantu semaksimal mungkin para korban bencana gempa bumi yang terjadi di mamuju, jika ada yang ingin kembali ke daerah asalnya, seperti sat ini dengan menggunakan pesawat herkules. (Arif)

 

Keterangan gambar :

Para pengungsi korban gempa mamaju saat tiba di Lanud Adi Soemarmo menggunakan pesawat herkules c-130 A-1330.

Berita Terbaru