oleh

Panglima TNI Penanganan Banjir di Kalsel Fokus Penyelamatan Warga

BANJARBARU, channel-indonesia.com – Menggunakan Pesawat Militer TNI Angkatan Udara A-7305, rombongan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto tiba di lapangan Pesawat Udara Lanud Samsuddin Noor Banjarbaru.

Hal ini meninjau untuk memastikan sekaligus melihat keadaan situasi lokasi banjir. Memastikan mastikan pengerahan kekuatan maksimal personelnya dalam membantu menangani bencana banjir yang terjadi hampir di seluruh wilayah pada 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Sejumlah personil tim kemanusiaan dari pusat mulai hari ini dikerahkan dan akan bahu membahu bersama daerah sehingga korban banjir dapat tertangani dengan baik,” kata dia di Banjarbaru, Sabtu(16/1/2021)

Sedangkan peralatan pendukung yang disiapkan juga lengkap. Seperti Satgas Kemanusiaan yang mengirimkan 27 prajurit Korps Marinir TNI AL membawa serta delapan perahu karet, delapan motor tempel, 16 tangki bahan bakar, 32 dayung dan alat selam empat set, alat mountenering dua set, HT Motorolla 12 set serta 27 swimvest.

Semua kita dukung bantuan langsung Presiden RI Joko Widodo juga membantu 34 perahu karet dengan motor tempel, selimut dan 10.000 paket sembako yang hari ini saya serahkan secara langsung di posko pengungsian di Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru,” tuturnya.

Sementara itu paparan Danrem 101/ Antasari Brigjen TNI Firmansyah menuturkan bahwa Kalimantan Selatan siaga darurat bencana alam. Bantuan sudah kita terima bahkan Pos dan dapur umum juga dibuat.

Jumlah warga semakin banyak mengungsi diwilayah bahkan ribuan . disampaikan perlunya sinergitas dan kekompakan antar semua unsur yang terlibat dalam penanganan bencana banjir sehingga efektivitas penyelamatan korban dapat berjalan sesuai harapan.

Kunjungan Panglima TNI di Bumi Lambung Mangkurat hanya berlangsung singkat. Setelah mendengarkan paparan dari Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah terkait kondisi terkini dan meninjau lokasi banjir, dia balik ke Bandara Internasional Syamsudin Noor untuk melanjutkan perjalanan meninjau korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. (Arif)

Berita Terbaru