oleh

Ratusan Prajurit TNI Diterjunkan Bantu Korban Banjir di Aceh Timur

ACEH TIMUR, channel-indonesia.com – Kodim 0104/Aceh Timur dan jajaran TEPBEK 00-44-02 B/Langsa menerjunkan ratusan prajurit dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajarannya untuk membantu masyarakat korban banjir di Kabupaten Aceh Aceh Timur.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) kepada awak media, di lokasi, Aceh Timur, Provinsi Aceh, Minggu (06-12-2020).

Dandim Aceh Timur mengatakan, sedikitnya 400 personel diterjunkan untuk membantu proses evakuasi warga yang tertimpa bencana banjir ini. “Disamping membantu proses evakuasi, kita juga telah mendirikan tempat pengungsian dan dapur lapangan bagi warga yang rumahnya tertimpa bencana banjir, ”tuturnya.

Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar menyampaikan, banjir yang terjadi hampir di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Timur menggenangi pemukiman dan areal persawahan milik masyarakat. “Prajurit jajaran Kodim 0104/Atim dan TEPBEK 00-44-02 B/Langsa telah dikerahkan untuk membantu mengamankan barang-barang milik warga, ”ungkapnya.

“Para prajurit juga kita siagakan di lapangan, apabila terjadi banjir susulan sudah siap untuk mengevakuasi masyarakat ke tempat-tempat yang lebih tinggi dengan tidak mengabaikan faktor keamanan, ”sambung Dandim.

Dandim menghimbau kepada masyarakat untuk selalu siaga, karena potensi curah hujan masih cukup tinggi, jika petugas lapangan menyampaikan untuk mengungsi supaya langsung mengindahkan peringatan itu. ”Prajurit TNI siap untuk membantu masyarakat berkordinasi dengan Polri, SAR dan unsur lainya, ”ujarnya.

Sementara itu, Babinsa Koramil 14/Rantau Peureulak dan Tim Search and Rescue (SAR) juga mengevakuasi salah satu warga yang baru melahirkan 4 hari bernama Salma (38), beralamat di Gampong Alue Bate, Kecamatan Rantau Peureulak, Jum’at (04-12-2020) lalu, yang rumahnya turut terendam banjir.

Danramil 14/Rtp Kapten Inf Wagimin mengatakan, Salma bersama bayinya harus dievakuasi karena ketinggian air yang menggenangi rumahnya terus naik. “Evakuasi dilakukan menggunakan perahu karet milik BPBD Aceh Timur ke pengungsian darurat di Meunasah Gampong Buket Pala, ”terangnya.

“Sementara Dantepbek Kapten Cba Adhika Wiguna, S.S.T.Han, S.I.P, M.A.P. juga menyampaikan bahwa, kami akan terus bekerjasama dengan Polri, SAR dan unsur lainnya untuk memantau kondisi air di lapangan dan siap membantu warga.

Kami TNI dari Kodim 0104/Atim dan TEPBEK 00-44-02 B/Langsa juga telah mendirikan dapur umum yang bertempat di Dinas Perhubungan Aceh Timur, Gampong Lhok Dalam, Kecamatan Peureulak Barat untuk menyediakan makanan bagi masyarakat yang rumahnya terendam air, karena tidak bisa untuk memasak, ”tutur Perwira berpangkat balok tiga dipundak itu. (Arif)

Berita Terbaru