oleh

Danrem 081/DSJ Pimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi di Nganjuk

NGANJUK, channel-indonesia.com – Berdasarkan data dari BMKG, bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan terdampak la nina pada akhir 2020 hingga awal 2021, yang dapat menyebabkan cuaca ekstrem maupun dampak lainnya.

“Melihat Kondisi itu, tentunya menuntut kesiapan dari kita semua, khususnya masyarakat Kabupaten Nganjuk yang berdasarkan kajian risiko bencana (KRB) memiliki ancaman bencana banjir dan tanah longsor dengan kategori risiko tinggi,” kata Danrem dalam sambutannya saat memimpin Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi, bertempat di GOR Bung Karno Kabupaten Nganjuk, Rabu (2/11/2020) pagi.

Untuk itu diterangkannya, jika apel gelar yang diikuti oleh seluruh jajaran Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan Para Relawan di Kabupaten Nganjuk itu merupakan upaya bersama dalam rangka kesiapan menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana, khususnya bencana hidrometeorologi.

“Dan yang tak kalah pentingnya, dengan kesiapan yang kita lakukan, baik itu personel maupun perlengkapannya, kita juga ingin dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan kehadiran kita di tengah-tengah mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Danrem menghimbau untuk dapat mengajak masyarakat guna turut ambil bagian dalam upaya pencegahan, yang salah satunya dengan senantiasa peduli dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Karena ia menilai, dari berbagai kejadian bencana alam yang terjadi, kebanyakan diakibatkan adanya kelalaian dari manusia dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19 saat ini, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho juga kembali mengajak untuk dapat berupaya dan mengambil peran dalam mempercepat penanganan Covid-19, yang salah satunya dengan tetap disiplin dalam menjalankan disiplin protokol kesehatan.

Selain itu, dalam momen sambutannya juga dimanfaatkan untuk mengingatkan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sebagai modal utama dalam dalam mengisi kemerdekaan dan melaksanakan pembangunan.

Di akhir sambutannya, Danrem berterimakasih dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia berharap, kebersamaan, kekompakan dan sinergitas yang terlihat pagi ini dapat diwujudkan dan siap diaplikasikan di lapangan nantinya.

Setelah pelaksanaan apel tersebut, Danrem dengan didampingi Dandim 0810/Nganjuk, Letkol Inf Georgius Luky Ariesta, Kapolres Nganjuk, AKBP Harviadhi dan Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi tampak meninjau kesiapan personel dan perlengkapan yang turut digelar. (Arif)

Berita Terbaru