oleh

Dansatgas Pamtas Yonif 407 Ajak Warga Jaga Toleransi Kehidupan Beragama dan Bermasyarakat

KAPUAS HULU – Guna menjalin kebersamaan dengan masyarakat perbatasan, personel Satgas Pamtas Yonif 407/Padma Kusuma, Pos Kotis, memimpin kegiatan keagamaan dengan bertindak sebagai Khatib Shalat Jum’at di Masjid Nurul Hudud Desa Janting, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Pada kegiatan Sholat Jum’at tersebut, personel Pos Kotis Pratu Aidil dipercaya menjadi Khotib di Masjid Nurul Hudud Desa Janting. Dalam Khutbahnya mengajak para jamaah untuk menteladani sifat Nabi Muhammad SAW dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta saling menghargai sesama umat manusia

Diakhir khutbahnya mengajak para jamaah untuk bersama – sama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P dalam keterangannya di Pos Kotis Satgas Pamtas, Nanga Badau, Kapuas Hulu.

Menurut Dansatgas, shalat Jum’at merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi umat islam, dan kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana pendekatan pembinaan teritorial yang paling efektif, karena biasanya usai shalat dapat tatap muka dengan para tokoh dan warga, dimana kita mengajak diskusi untuk mencari informasi serta masukan.

“Ini salah satu cara yang efektif untuk memberikan imbauan agar tetap saling menjaga toleransi kehidupan beragama dan bermasyarakat,” ungkap Dansatgas.

Dalam menjalin kedekatan dan kebersamaan dengan warga, lanjut Dansatgas, salah satunya adalah dengan melaksanakan Sholat Jum‘at atau Ibadah (Nasrani) bersama-sama masyarakat agar terlihat suasana yang harmonis. Inilah wujud dari sinergitas antara TNI dengan masyarakat setempat,” tutup Dansatgas. (Malikj)

Selengkapnya