oleh

TNI Terapkan Protokol Kesehatan BagI PMI di PLBN Entikong

SANGGAU – Koramil 1204-21/Entikong bekerja sama dengan Satgas Pamtas Yonif 642/Kps, Polsek Entikong, Imigrasi dan P4TKI melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Indonesia di pintu masuk PLBN Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau. Kegiatan tersebut guna mencegah PMI terpapar virus corona.

Sebelum masuk PLBN, para PMI melakukan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Selanjutnya dilakukan pengecekan kesehatan oleh petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan Entikong.

Sebanyak 106 orang PMI melaksanakan protokol kesehatan dan pengecekan kesehatan secara cepat dengan rapit test, untuk hasilnya kesemua PMI di nyatakan non reaktif.

Danramil 1204-21/Entikong Mayor Inf Arman S menyampaikan, dari 106 PMI yang kembali ke Indonesia 2 dari jalur tidak resmi, dan kita tetap berlakukan seperti yang lainnya, usai pemeriksaan kita serahkan kepihak Imigrasi untuk di tindaklanjuti.

Lanjut Danramil menyampaikan, para PMI berasal dari Prov. Kalbar 6 orang, Prov. Jateng 2 orang, Prov. Jatim 5 orang, Prov. NTB 6 orang, Prov. NTT 2 orang, Prov. Sulsel 81 orang, Prov. Sulteng 1 orang, Prov. Sultra 1 orang.

“Untuk yang dalam provinsi kembali menggunakan travel, sedang luar provinsi Kalbar diantar ke Bandara selanjutnya menuju ke daerah asal,” ujar Danramil.

Danramil berharap, sesampainya para PMI di daerah asal agar melaporkan diri kepada RT/RW, Kadus, Kades/Lurah serta sesegera mungkin memeriksakan diri ke Puskesmas. (Maliki)

Selengkapnya