oleh

Koramil Entikong Terapkan Protkes Kepada PMI, Cegah Penyebaran Covid-19

SANGGAU – Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona masuk ke wilayah Indonesia. Koramil 1204-21/Entikong, Polsek Entikong, Imigrasi Entikong dan P4TKI bersama – sama menangani kedatangan 188 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari negeri jiran Malaysia di pintu PLBN Terpadu Entikong Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Sebelum memasuki kantor PLBN para PMI melaksanakan protokol kesehatan dengan diawali penyemprotan disinfektan setiap barang yang dibawa dan melakukan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Usai melaksanakan protokol kesehatan yang telah disediakan, para PMI melakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan Entikong dilanjutkan pendataan asal dan tujuan.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 1204-21/Entikong Mayor Inf Arman S mengatakan, kedatangan 188 PMI terdiri dari 135 orang pria dan 53 orang wanita dari 10 Provinsi. Semuanya masuk melalui jalur pintu PLBN Terpadu Entikong.

Lanjut Danramil, usai dilakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan dan di rapid test, didapati 1 orang yang reaktif dari 188 orang. PMI yang reaktif dibawa ke Upelkes Prov. Kalbar dengan menggunakan Ambulance KKP Entikong untuk dilaksanakan Tes Swab.

Dijelaskan oleh Danramil, dari 187 PMI yang non reaktif berasal dari Prov. Kalbar 10 orang, Prov. Sulbar 2 orang, Prov. Jatim 18 orang, Prov. Jateng 2 orang, Prov. NTB 20 orang, Prov. NTT 5 orang, Prov. Sulsel 120 orang, Prov. Sulteng 3 orang, Prov. Sultra 2 orang, Prov. Kaltim 1 orang, Prov. Kalut 1 orang, Prov. Aceh 1 orang, Prov. Jabar 1 orang.

“Saat ini ke 177 PMI luar Kalbar telah diberangkatkan menggunakan travel ke Bandara,” ucapnya Mayor Arman mengakhiri. (Maliki)

Berita Terbaru