oleh

Kasal Peringati HUT ke-75 TNI di Istana Negara

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Inspektur Upacara (Irup) Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat. Senin, (5/10/2020).

Upacara dilakukan secara virtual diikuti Mabes TNI, Mabesad, Mabesau dan Mabesal yang dipimpin oleh Waksasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., ini mengusung tema “Sinergi Untuk Negeri”. Rangkaian upacara diawali dengan mengheningkan cipta mengenang para Pejuang Bangsa dan dilanjutkan dengan pengucapan Sapta Marga oleh Danton Bekhar Yonif 11 Mar Brigif 3 Mar Letda Mar Yafet Basik Basik, penganugerahan tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya kepada prajurit TNI yang berprestasi.

Presiden RI dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa peringatan HUT TNI ini bukan hanya dirayakan anggota dan keluarga besar TNI saja, tetapi oleh segenap rakyat Indonesia. Hal ini karena kedekatan TNI dengan rakyat, perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, penjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Sejarah panjang TNI tidak hanya melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) tetapi juga melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini. Untuk itu atas nama rakyat Indonesia saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI”, ucap Presiden RI.

Presiden sebagai Panglima Tertinggi TNI berpesan kepada para prajurit TNI supaya transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dengan dinamika lingkungan strategis sesuai dengan dinamika ancaman dan perkembangan teknologi militer. Selain itu juga mengharapkan TNI adaptif dengan perkembangan terhadap ancaman-ancaman non konvensional dan transnasional, serta memastikan agar TNI mampu mengadopsi perkembangan teknologi militer terkini berbasis teknologi informasi, teknologi nano maupun teknologi automatisasi.

Seusai pelaksanaan upacara Presiden RI dan Panglima TNI yang didampingi Kepala Staf Angkatan menyapa melalui layar video conference kepada para prajurit yang sedang melaksanakan tugas diantaranya yakni; Satgas Rumah Sakit Khusus Covid-19 Pulau Galang, Satgas PBB Batalyon Gerak Cepat TNI di Kongo, Satgas Pamtas RI-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro, Satgas Siaga Operasi Tempur Laut di Laut Natuna Utara KRI Jhon Lie – 358 beserta tiga KRI lainnya dan Helly CN 235, Satgas Satrad 245 Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Pos Pengamanan Pulau Terluar Pulau Sekatung di wilayah Laut Natuna Utara Kepulauan Riau.

Turut hadir dalam acara peringatan HUT ke-75 TNI di Istana Negara yaitu, Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Idham Azis, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E.,M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D., dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. (maliki)

 

Selengkapnya