oleh

Cegah Covid-19, Kodim Sanggau Lakukan Protokol Kesehatan Terhadap PMI

SANGGAU – Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, Kodim 1204/Sanggau melalui Koramil 1204-21/Entikong bersama dengan instansi terkait di perbatasan melakukan pengawasan terhadap para Pekerja Migran Indonesia yang masuk ke wilayah Indonesia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kamis (24/9).

Personel Koramil 1204-21/Entikong bersama dengan Imigrasi Entikong, P4TKI Entikong dan Satgas Pamtas Yonif 642/Kps menerapkan protokol kesehatan terhadap 41 orang PMI yang akan kembali ke wilayah Indonesia. Mulai dari cuci tangan, pengecekan suhu, rapid test
serta barang bawaan disemprot desinfektan.

Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Afiansyah menjelaskan, hal tersebut merupakan prosedur tetap yang diberlakukan oleh pemerintah kepada setiap orang yang memasuki wilayah Indonesia.

Letkol Inf Afiansyah merincikan, adapun PMI yang masuk sejumlah 41 orang yang berasal dari Kalbar 7 orang, Jawa Tengah 2 orang, Jawa Timur 2 orang, Sulawesi Selatan 9 orang, Banten 7 orang, NTB 1 orang, Sumatera Utara 2 orang, Gorontalo 2 orang, Sulawesi Tenggara 3  orang dan Jawa Barat 2 orang.

“Sebelum mereka masuk ke Indonesia para PMI harus melewati rangkaian protokol kesehatan dan mendapatkan sertifikat sehat sebelum melanjutkan perjalanannya,” kata Dandim.

Sanjutnya Dandim menyampaikan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihaknya akan terus bekerja sama dengan instansi terkait di perbatasan untuk melakukan pengawasan.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk melakukan pengawasan di perbatasan. Sehingga seluruh orang yang masuk ke Indonesia aman dari Covid-19,” pungkas Letkol Inf Afiansyah. (Maliki)

Selengkapnya