oleh

Inilah Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa

JAKARTA – Melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/666/VIII/2020 Tanggal 26 Agustus 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa kini menjabat  Pangdam XVIII/Kasuari.

Bagi putra Bali ini, Tanah Papua bukanlah hal yang baru bagi dirinya, sebelumnya Cantiasa pernah bertugas di Bumi Cenderawasih yaitu pada tahun 2017, I Nyoman Cantiasa bertugas sebagai Danrem 173/Praja Vira Braja dan dalam tugasnya sebagai Danrem 173, berhasil menurunkan sekaligus meng NKRI kan ratusan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua atau lebih dikenal dengan nama OPM. Bahkan Cantiasa juga telah berhasil merangkul ratusan pentolan pentolan militan OPM untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Puluhan mantan anggota OPM bersama 300 simpatisannya ini menyatakan ikrar kesetiaan kepada NKRI yang disampaikan dihadapan Danrem 173/PVB, Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa di Kampung Wadapi, Distrik Persiapan Wadimomi, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kamis (17/8/2017).

Anggota OPM yang menyerahkan diri ini berasal dari dua kelompok yaitu kelompok TPN-OPM wilayah Yapen Timur pimpinan Kris Nussy Sineri alias Coromis dan kelompok TPN-OPM wilayah Yapen Utara pimpinan almarhum Maikel Marani.

Selain menyatakan ikrar setia kepada NKRI, 77 orang anggota OPM ini juga menyerahkan 32 pucuk senjata api dan satu bendera Bintang Kejora yang diserahkan secara simbolis oleh Kris Nussy Sineri alias Coromis kepada Danrem 173/PVB, Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Dalam penyerahan tersebut pimpinan TPN-OPM wilayah Yapen Timur, Kris Nussy Sineri menyerahkan dua pucuk pistol organik miliknya kepada Danrem 173/PVB yang saat itu dijabat I Nyoman Cantiasa yang masih berpangkat Brigjen.

Lalu, sebanyak 155 anggota dan simpatisan Organisasi Papua Merdeka (OPM) wilayah Puncak Jaya turun gunung, dan berikrar setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ke-155 warga anggota dan simpatisan OPM ini adalah pimpinan Utaringen Talengen dari kelompok Lekagak Talenggeng, ditambah 5 orang anggota kelompok Gobanik Talenggeng yang beroperasi wilayah Sinak menyatakan niat hatinya untuk kembali ke NKRI.

Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa juga pernah menjabat sebagai Kasdam XVII/Cenderawasih di tahun 2017.
Kini, mantan Danjen Kopassus ke 31 yang kini menjabat Pangdam Kasuari ini sepertinya kembali akan berhadapan dengan kelompok sparatis. Namun bagi Peraih penghargaan Piala Wira Karya Nugraha dan gelar Adhi Makayasa ini, mereka (OPM-Red) adalah saudara yang wajib rangkul dan dikasihi.
(Luska)

Selengkapnya