oleh

Melalui Lomba Lukis, Kodam XII/Tpr Jaring Bibit Potensial

KUBU RAYA – Untuk memantapkan Kemanunggalan TNl-Rakyat dan meningkatkan partisipasi komponen bangsa di bidang pertahanan negara, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Lomba Melukis yang dilaksanakan di Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Chakti, Jalan Adi Sucipto, Sungai Raya, Kubu Raya.

Lomba melukis dibuka oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang diwakili oleh Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Utten Simbolon, lomba diikuti 35 peserta.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam sambutan yang dibacakan Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Utten Simbolon menyampaikan, Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa.

Disampaikan juga oleh Pangdam, seiring dengan berjalannya komunikasi sosial di tengah masyarakat yang semakin berkembang, maka perlu dikembangkan program kegiatan Komunikasi Sosial Kreatif yang bertujuan untuk menciptakan pesan baru sekaligus untuk mencari bibit-bibit seniman/seniwati potensial melalui seni melukis bagi para pelajar di wilayah Kodam XII/Tpr.

“Seni merupakan ungkapan perasaan yang dapat dituangkan dalam bentuk sebuah karya melalui berbagai macam media. Seni merupakan media aspirasi, inspirasi, motivasi dan emosi seseorang, sehingga bakat minat dan potensi pelajar sangatlah penting untuk ditumbuhkembangkan, karena hal tersebut sangat membantu dalam pembentukan sikap dan perilaku serta sebagai pembelajaran baik secara formal maupun non formal,” ujarnya.

Diharapkan oleh Pangdam, dengan mengikuti kegiatan lomba melukis dalam rangka Komsos Kreatif ini, generasi penerus bangsa bisa lebih percaya diri dan dapat mengukur sejauh mana kemampuan yang dimilikinya. Dilain hal kita dapat menggugah semangat dan kepribadian untuk membina generasi muda, khususnya para pelajar dari pengaruh-pengaruh negatif di sekitar lingkungannya bahkan dari bangsa lain.

Generasi muda adalah generasi harapan bangsa, karena masa depan bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh generasi muda sekarang ini sebagai pemegang nasib bangsa, dengan demikian generasi mudalah yang dapat menentukan semua apa yang dicita-citakan bangsa dan negara ini. Salah satu semboyan bagi generasi muda: “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”.

“Begitulah ungkapan Ir. Soekarno yang menegaskan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, setiap generasi muda Indonesia terutama yang masih berstatus pelajar, merupakan modal penting yang sangat diandalkan oleh bangsa Indonesia dalam memajukan dan membesarkan nama bangsa,” kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Pada lomba melukis kali ini tampil sebagai juara 1 atas nama Kelvin dari SMA Santo Paulus, juara 2 atas nama Joan Herliawan dari SMA Santo petrus, dan juara 3 atas nama Aldo Ferdiwinata dari SMAN 3 Pontianak. Selanjutnya kepada para pemenang lomba, mendapatkan medali yang diberikan oleh Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Utten Simbolon. Selain itu juga mendapat piagam penghargaan serta uang pembinaan. (Maliki)

Selengkapnya