oleh

Pangdam XII/Tpr Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

KUBU RAYA – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya, Sungai Raya, Kubu Raya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Apel kehormatan dan renungan suci juga dihadiri oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Waka Polda Kalbar, Brigjen Pol Asep Safrudin, Danlanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus dan Danlantamal XII/Pontianak, Kolonel Marinir Andi Rukman serta para pejabat TNI-Polri dan Pemprov. Kalbar. Apel kehormatan dan renungan suci dilaksanakan tepat pada pukul 00.00 WIB.

Apel kehormatan dan renungan suci dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang para Pahlawan yang telah gugur saat perang melawan penjajah dalam mempertahankan serta memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tujuh puluh lima tahun yang lalu.

Dalam apel kehormatan dan renungan suci tersebut, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan penghormatan kepada arwah para pahlawan yakni Angkatan Bersenjata 126 orang, Pegawai Negeri Sipil 6 orang, Pahlawan Dwikora 60 orang, Pejuang Rakyat 13 orang, Pahlawan Tak Dikenal 1 orang dan Hansip/Wara 1 orang.

Begitupun para pahlawan tak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng gunung, di lembah ngarai dan di dasar lautan.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian. Pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi nusa dan bangsa,” tutur Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Selain itu, juga bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga.

“Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat yang sewajarnya,” ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Maliki)

Berita Terbaru