oleh

Kogabwilhan III Menggagas Pengibaran  Bendera Merah Putih di Dasar Laut

PAPUA – Memperingati Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Ke 75, Kogabwilhan III. Kegiatan ini menggandeng puluhan penyelam dari berbagai komunitas selam serta Jajaran TNI – Polri dan Instansi di Propinsi Papua. Peringatan Hari Kemerdekaan RI dilaksanakan dengan cara yang berbeda. Kogabwilhan III menggelar Upacara bawah air di kedalaman 12 m. Lokasi yang dipilih adalah Pantai Water Basis Lanal Biak bertempat di Kabupaten Biak NUmfor, Papua.

Bertindak sebagai koordinator lapangan adalah Lettu Laut (K) Musman Saad (Danton Kes Kogabwilhan III) yang mengakomodir peserta penyelaman yang berjumlah kurang lebih 40 orang yang terlibat dari jajaran TNI Polri, Basarnas, PSDKP, TWP dan berbagai komunitas selam setempat.

Lokasi yang dipilih adalah Perairan Dermaga Water Basis Lanal Biak, titik penyelaman di Spot LCT (Landing Craft Tank) WW II. Tempat ini dipilih karena di Perairan ini memiliki nilai historis sejarah panjang Bangsa Indonesia, karena ada banyak Peninggalan bangkai kendaraan Perang Dunia ke II di dalamnya baik yang menyisakan puing maupun yang masih utuh hingga puluhan tahun lamanya.

Prosesi pengibaran bendera seluruhnya berlangsung di bawah air. Dalam kegiatan ini penyelam berbaris di dasar laut membentuk letter “U” tepat dihadapan tiang bendera yang berdiri tegak di Kapal Perang Dunia Ke II.

Meski harus melawan arus bawah air, dengan semangat kebersamaan yang tinggi Upacara bendera ini berjalan lancar. Para peserta tetap memberi Penghormatan kepada Bendera Merah Putih meski dengan tetap menjaga keseimbangan.

Keterlibatan puluhan penyelam dari berbagai komunitas dan Instansi sangat diapresiasi. Banyak diantara penyelam terpanggil untuk bersama-sama mengibarkan bendera di dasar laut.

Sementara itu, dalam tempat terpisah Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjend TNI Suswatyo, S.I.P menyampaikan dukungannya bagi para Divers di Biak, baik dari Instansi pemerintah maupun komunitas setempat agar selalu kompak dan semangat dalam mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta semangat Nasionalisme kepada bangsa dan negara.

Selain rangkaian upacara bawah air dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kogabwilhan III juga membagikan ratusan Kaos kepada masyarakat yang tersebar di daerah kerja operasi Kogabwilhan III di wilayah Papua yang bertuliskan ‘Sa Papua, Sa Indonesia’ yang artinya “Saya Papua, Saya Indonesia”. (Maliki)

Selengkapnya