oleh

Antisipasi Bencana Karhutla, TNI-Polri Patroli Titik Api

SAMBAS – Personel Koramil 1208-07/Sekura bersama Polsek Teluk Kramat melakukan patroli pengecekan titik api atau hotspot di Desa Lela, Kecamatan Teluk Kramat, Kabupaten Sambas, kemarin. Ini sebagai antisipasi terjadinya bencana Karhutla.

Dengan menggunakan sepeda motor peronel gabungan mengecek langsung ke lokasi sesuai koordinat yang terpantau di satelit. Dengan menempuh jarak sejauh 29 Km dari Koramil serta memakan waktu 1 Jam akhirnya mereka menemukan titik lokasi hotspot.

Komandan Koramil 07/Sekura, Kapten Arm Herlin Dinata di Makoramil mengatakan, Patroli yang dilakukan sebagai bentuk Implementasi dalam mengantisipasi terjadinya bencana Karhutla di wilayah.

Menurut Danramil, titik api atau hotspot yang terdeteksi oleh satelit harus segera di pantau dan dipadamkan sehingga tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan yang akan mengakibatkan kerugian semua pihak.

“Hal ini dilakukan karena memang sudah menjadi perintah dari Komando atas untuk menjaga serta meminimalisir titik hotspot,” ucap Danramil.

Untuk itu Danramil mengimbau kepada masyarakat untuk sebisanya tidak membuka lahan dengan cara membakar. Karena apabila tidak mampu melokasir api, akan sangat berbahaya dapat merembet ke lahan lainnya.

“Apabila masyarakat terpaksa membakar lahan, mohon dibuat jalur api dan dijaga jangan sampai merembet,” pungkas Danramil. (Maliki)

Selengkapnya