oleh

Penutupan Pendidikan Komando Angkatan 104 Tahun 2020

CILACAP – Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han) memimpin upacara penutupan Pendidikan Komando Angkatan 104 TA. 2020 di Pantai Permisan Cilacap, Senin (10/8/2020). Pendidikan komando angkatan 104 diikuti oleh 187 peserta yang merupakan gabungan 177 dari Kopassus dan 10 peserta dari Korpaskhas TNI AU.

Rangkaian penutupan pendidikan diawali dengan aplikasi serangan regu komando yang melibatkan peserta pendidikan komando angkatan 104, yang kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan.

Dalam amanatnya Danjen Kopassus menjelaskan pada dasarnya pendidikan komando yang dilaksanakan selama tujuh bulan telah memberikan bekal yang cukup sebagai anggota Kopassus. Dimana pendidikan ini telah didesain sedemikian rupa berbeda dengan jenis pendidikan lainnya dengan skenario yang sangat khusus.

Ditambahkan Abituren Akmil 1990 ini, bahwa pendidikan komando dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap basis, tahap gunung hutan dan tahap rawa laut, yang mana tiap tahap memiliki karakateristik dan tujuan yang berbeda.

Dengan karakteristik yang berbeda tiap tahapnya maka diharapkan akan dapat membentuk jiwa korsa dan ikatan yang kuat diantara sesama prajurit komando dan sekaligus untuk melatih anggota dapat berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam kondisi yang lelah dan tertekan.

Lebih lanjut Danjen menekankan bahwa penutupan pendidikan bukanlah akhir aka tetapi justru awal dimulainya pengabdian kepada satuan, bangsa dan negara. Oleh karenanya Danjen meminta kepada seluruh peserta didik yang baru saja dilantik untuk selalu mengikuti perkembangan situasi kedepan yang menyangkut ancaman terhadap keselamatan dan keutuhan negara.

Ditekankan Danjen untuk senantiasa memelihara kemampuannya agar selalu siap untuk melaksanakan tugas operasi meneruskan jejak para senior dan pendahulu sebelumnya.

Berkenaan dengan situasi pandemi covid 19, sebelum mengakhiri amanatnya Danjen berpesan kepada seluruh peserta didik komando angkatan 104, untuk patuh dan berpedoman pada protokol kesehatan dan aturan tatanan kehidupan baru dalam rangka membantu mencegah penyebaran wabah tersebut. (Luska)

 

 

Berita Terbaru