Empat Rumkit TNI AD di Wilayah Kodam XII/Tpr Akan Dilengkapi Laboratorium PCR

oleh -

KUBU RAYA – Empat Rumah Sakit TNI Angkatan Darat di wilayah Kodam XII/Tanjungpura, akan segera dilengkapi dengan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) sendiri untuk mendeteksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Saat ini sedang dilakukan persiapan pembangunannya.

Hal ini disampaikan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., dalam keterangan tertulisnya pada hari ini di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Dijelaskan oleh Kapendam, adapun empat rumah sakit tersebut diantaranya, RST Tingkat II Kartika Husada, RST Tingkat IV Singkawang, RST Tingkat IV Sintang dan RST Tingkat IV Palangka Raya.

“Dari empat rumah sakit tersebut, yang saat ini sudah dimulai tahap pengerjaannya adalah di RST Tingkat II Kartika Husada dan RST Tingkat IV Singkawang. Untuk di RST Kartika Husada kita melakukan renovasi ruangan yang sudah ada sedangkan untuk di RST Singkawang mulai dari tahap awal, saat ini sudah mulai tahap pondasi,” jelasnya.

Lanjutnya menjelaskan, pembangunan laboratorium PCR ini merupakan bantuan dari Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai wujud keseriusan TNI AD membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 di wilayah.

“Laboraturium PCR yang akan dibangun nantinya akan menggunakan RNA Robotic sehingga hasil uji labnya akan sangat cepat dan akurat,” terang Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos.

Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., mengatakan dengan beroperasinya Lab nantinya akan mempercepat pelayanan penanganan Covid-19, khususnya dalam upaya mengetahui positif atau negatif seseorang terinfeksi Covid-19.

“Jadi tidak perlu waktu yang lama sehingga pasien dapat segera menerima hasil swabnya, apabila mereka dinyatakan negatif bisa langsung kembali kerumah,” katanya mengakhiri. (Maliki)