Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan Resmikan Koramil 1715-07/Kenyam Kabupaten Nduga

oleh -

NDUGA – Koramil 1715-07/Kenyam Kodim 1715/Yahukimo diresmikan Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan bersama Bupati Kabupaten Nduga Yairus Gwijangge, S.Sos, Jumat (10/07/2020).

“Saya ucapkan terima kasih serta rasa syukur dan bangga bisa sampai di tempat ini di Kabupaten Nduga. Sekaligus saya memperkenalkan diri sebagai pejabat Komandan Korem 172/PWY yang baru dan tugas saya sebagai Danrem untuk menjaga dan menjalin hubungan serta mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah demi damai sejahtera bagi masyarakat Nduga,’’ ujar Danrem Pangemanan.

Koramil Kenyam dibentuk untuk membantu pemerintah setempat dalam membimbing dan mensejahterakan masyarakat. ‘’Sehingga kehadiran TNI dan juga Polri di tempat ini semata-mata untuk bekerja membantu dan menopang pemerintah daerah dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah ini,’’ jelasnya.

Wilayah Nduga, kata Danrem merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat kerawanan gangguan keamanan yang cukup tinggi di Papua. Sehingga dengan pembangunan ini diharapkan dapat meminimalisir gangguan tersebut.

Kedepan, lanjut Izak, juga akan diresmikan Kodim yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

“Adanya Kodim Nduga diharapkan dapat membantu dan mengutamakan kerja bermitra dengan seluruh elemen masyarakat sehingga tercipta kamtibmas yang diharapkan bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Nduga Yairus Gwijagge, S.Sos, M.Si,. mengatakan pemerintah dan masyarakat sangat mengharapkan adanya Kodim dan Polres untuk membantu menjaga keamanan di wilayah Kab. Nduga.

“Saya selaku pimpinan Pemerintah Kabupaten Nduga dan masyarakat selalu mengharapkan adanya Kodim di Kabupaten ini dan itu adalah harapan kami yang sangat besar karna daerah ini dianggap tidak aman dan masih rawan terhadap gangguan dari kelompok-kelompok yang masih berbeda pendapat dengan kita”, kata Yairus.

Yairus berharap dengan adanya Kodim dapat merangkul masyarakat dan bisa membuat masyarakat merasa aman dan juga merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Pemerintah Daerah dan aparat untuk membina masyarakat di Kabupaten ini.

“Saya minta agar aparat yang bertugas di sini yaitu TNI-Polri harus betul-betul membina masyarakat tapi tidak dengan tindakan kekerasan melainkan memberikan mereka pemahaman- pemahaman yang baik agar masyarakat bisa mengerti karena itu adalah harapan kami semua selaku Pemerintah Daerah dan tokoh-tokoh perempuan Papua, tokoh gereja dan tokoh adat di Kabupaten Nduga”, ujar Yairus. (Maliki)