oleh

Prajurit Lantamal VI dan Prajurit KRI Terapang-648 Saling Menyemangati Sebelum Berlayar

MAKASSAR,channel-indonesia.com– Merplu merupakan tradisi pelepasan Kapal Perang Indonesia (KRI) milik TNI AL yang rutin dilaksanakan saat akan melaksanakan tugas sebagai garda terdepan di laut nusantara ini.

Pelepasan inipun dilaksanakan saat KRI Terapang-648 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) I Gde Eka S.P, S.H., M.Tr. Hanla., akan melanjutkan tugasnya berangkat dari dermaga Fasharkan Makassar menuju wilayah operasi pengamanan laut, Sabtu (13/06/2020).

Dipimpin langsung oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M., pelepasan tersebut dilaksanakan dengan jajar kehormatan yang diikuti oleh para Asisten Danlantamal VI dan beberapa perwakilan Kadis serta Kasatker Lantamal VI.

Kadisyahal Lantamal VI Mayor Laut (P) Bernard Iskandar menyampaikan bahwa ada yang baru dalam pelepasan kali ini yaitu sebagai ungkapan apresiasi dan dukungan terhadap prajurit Kapal perang yang melaksanakan tugas di tengah laut yang rela meninggalkan keluarganya demi kedaulatan NKRI.

“Kami sebagai tim merplu Lantamal VI Makassar hal ini adalah ungkapan apresiasi dan dukungan dengan cara melambaikan tangan dan mengacungkan jempol dengan menggaungkan selogan TNI AL Jalesveva Jaya Mahe (Justru Di Laut Kita Jaya) sesaat setelah penghormatan terhadap KRI Terapang-648 yang tolak dari dermaga Fasharkan Makassar”, ujarnya.

“Semoga ungkapan tersebut dapat menambah semangat rekan-rekan prajurit kapal perang dalam melaksanakan dan mengemban tugas Operasi, sebagai prajurit garda terdepan yang kokoh di tengah samudra, terima kasih”, ungkapnya setelah memimpin Tim Merplu pelepasan KRI ini.

Tampak saat para prajurit Lantamal VI melambaikan tangan dan mengacungkan jempol ke arah KRI tersebut sambil menggaunkan “Jalesveva” dibalas oleh prajurit KRI “Jaya Mahe”.kemudian prajurit KRI Terapang-648 dengan menggunakan pengeras suara menggaungkan “Lantamal VI” dan dijawab oleh seluruh prajurit KRI Terapang “Mantap 3X”, ungkapan ini sebagai tanda terima kasih atas pelayanan yang diberikan selama sandar di Makassar dan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi dalam menjalankan tugas pokok sebagai Pangkalan. Suasana saling menyemangati ini sungguh membuat terharu bagi yang orang melihatnya.(munir)

Berita Terbaru