oleh

Cegah Covid-19 Kodam XII/Tpr Bangun Bilik Sterilisasi

KUBU RAYA – Kodam XII/Tanjungpura terus berupaya melindungi personelnya dengan melakukan pencegahan penyebaran virus corona alias covid-19. Salah satunya dengan membangun Personal Chamber Disinfektan (PCD) atau bilik sterilisasi di pintu masuk Makodam XII/Tpr.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., mengatakan, setiap personel baik prajurit dan PNS serta tamu yang memasuki Makodam akan dimasukan dalam bilik sterilisasi yang berukuran 2×2 dengan menggunakan 3 Nosel.

“Bilik ini fungsinya untuk mensterilkan seluruh badan dari kuman-kuman yang kemungkinan melekat,” ungkap Kapendam.

Kapendam XII/Tpr juga mengatakan, kegiatan diawali dengan mencuci tangan terlebih dahulu kemudian pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermo gun, setiap orang yang memasuki Makodam harus masuk dulu ke dalam sebuah bilik. Begitu masuk, cairan disinfektan akan langsung disemprotkan ke seluruh tubuh.

“Upaya ini akan sangat efektif untuk membunuh kuman dan virus. Karena bisa menyasar ke seluruh badan,” tandasnya.

Bilik sterilisasi yang dibuat oleh Kodam XII/Tpr ini merupakan instalasi sederhana yang menyemprotkan cairan disinfektan kepada orang yang melewatinya, sehingga dapat membunuh virus yang menempel di baju ataupun anggota badan. (Maliki)

Selengkapnya