oleh

Peduli Kesehatan Balita, Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Gelar Posyandu

KEEROM – Sebagai wujud kepedulian kepada kesehatan masyarakat perbatasan, Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas Ubrub, gelar kegiatan Posyandu di Pos Kesehatan Kampung Umuaf Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua. Jumat (13/12).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Danpos (Komandan Pos) Ubrub Lettu inf Abdul Katrup dan di dukung oleh tenaga medis dari Puskesmas Ubrub termasuk dr. Kurnia selaku dokter yang ditugaskan di Puskesmas Ubrub, kegiatan tersebut secara rutin dilaksanakan setiap bulannya di kampung tersebut.

Danpos Ubrub mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Satgas terhadap masyarakat di perbatasan RI-PNG terutama bayi di bawah lima tahun (Balita) dan ibu hamil.

Kegiatan ini meliputi penimbangan Balita, KB, imunisasi BCG polio dan DPT, penyuluhan CTPS (cuci tangan pakai sabun), penanggulangan diare serta pemberian makanan tambahan bagi balita kurang gizi.

Katrup menambahkan bahwa, “Kegiatan ini sangat penting dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan bagi ibu hamil dan anak-anak agar asupan gizi dan nutrisinya juga terjamin serta memperkuat daya tahan tubuh bagi balita dari serangan virus maupun bakteri. Hal tersebut agar balita tetap sehat, sementara bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan dan kesehatan fisik maupun psikologis”.

“Prajurit Satgas hadir ditengah masyarakat selain menjalankan tugas pokok menjaga keutuhan wilayah NKRI, juga memiliki tanggung jawab moral menjaga generasi penerus Bangsa agar tumbuh secara normal dan berkembang dengan sehat”, terangnya.

Kegiatan Posyandu dihadiri 61 orang, terdiri dari 20 balita dan 4 ibu hamil serta puluhan warga yang berobat. “Masyarakat kampung Umuaf sangat antusias dengan kegiatan posyandu bulanan ini ditambah dengan penyuluhan kesehatan oleh tim kesehatan dari Pos Ubrub ini,” turur dr. Kurnia.

dr.Kurnia turut mengucapkan terimakasih kepada personel Satgas atas dukungan pada pelaksanaan kegiatan posyandu bulanan dikampung Umuaf.

“Dengan kehadiran tim kesehatan dari personel Satgas, besar harapan kami dapat memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat sadar akan hidup sehat dan peduli terhadap kesehatan diri maupun keluarga” ujarnya.(Maliki)

 

Selengkapnya