oleh

Aster Kasdam XII/Tpr Jadi Narasumber pada Rakor Pembinaan Agama Konghucu Tahun 2019

PONTIANAK – Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab diwakili Asisten Teritorial Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Asep Apandi, S.I.P., menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Agama Konghucu Tahun 2019 di Ballroom Hotel Borneo, Kota Pontianak.

Adapun tema,”Penanaman Nilai Ajaran Konghucu Dalam Memelihara Kerukunan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara”. Yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalbar, Drs. Alexander Rombonang serta dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Prov. Kalbar, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, Para Kabag Kesra Kab/Kota se-Kalbar serta Para Ketua Matakin.

Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Asep Apandi, S.I.P., dalam kesempatan tersebut menyampaikan, masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk yang terdiri beragam agama. Keanekaragaman agama mempunyai kecenderungan kuat terhadap identitas agama yang berpotensi menimbulkan konflik.

“Apabila tidak terpelihara dengan baik, perbedaan tersebut bisa menimbulkan konflik antar umat beragama,” terang Aster Kasdam XII/Tpr.

Untuk mencegah agar tidak terjadi konflik sosial di masyarakat perlu adanya upaya preventiv dari semua unsur dan instansi yang ada secara nyata demi kedamaian Negara Kesatuan Republik Indonesia, kata Kolonel Inf Asep Apandi, S.I.P.

Sesuai dengan ajaran Konghuchu bahwa kedamaian itu berawal dari diri sendiri sebagai anggota keluarga, apabila tiap individu mampu membina diri maka akan tercipta tatanan harmonis dalam keluarga, masyarakat bahkan dunia, pungkas Aster Kasdam XII/Tpr.(maliki)

Selengkapnya