oleh

Air Surut Dalam 7 Jam, Sebagian Wilayah RW 06 Kel. Pasar Minggu Tergenang Banjir

JAKARTA, channel-indonesia.com – Banjir luas dampak dari curah hujan sangat ekstrim yang melanda wilayah Jabodetabek pada tanggal 19 – 20 Februari 2021 tak luput menenggelamkan 2 RT dari 14 RT di lingkup RW 06 Kel Pasar Minggu Jaksel. Wilayah RW 06 yang jauh dari bantaran kali besar, bahkan lebih 30 tahun terakhir tidak pernah terjadi banjir besar turut dilanda banjir dahsyat ini.

“Ini banjir yang luar biasa besar dan di luar perkiraan semua kita. Selama 21 tahun saya tinggal di wilayah ini, baru kali ini banjir besar seperti ini menerjang wilayah RW 06 bahkan menenggelamkan lebih 100 an rumah di 2 RT hingga diatas 1 meter, “ungkap Erick Sitompul, Ketua RW 06 Kel Pasar Minggu saat dikonfirmasi awak media channel-indonesia.com

Saat di beritahu satpam komplek pada jam 1 pagi bahwa 2 RT tersebut yang kebetulan lokasinya memang berada di hilir kompleks tenggelam hingga 80 – 150 cm. Tanpa menunggu bala bantuan dari luar, Erick bersama Ketua RT 08 Bardai dan Ketua RT 014 Aso dan puluhan warga pria bergerak cepat menelusuri semua rumah yang tergenang banjir di 2 RT di kompleks Rawabambu I tersebut hingga jam 3 pagi untuk membantu evakuasi ibu dan anak ke lantai 2 mushola Al Fallah dan ke rumah warga yang berlantai 2.

Dalam keadaan basah kuyup dan kedinginan, semua kaum ibu dan anak anak berhasil di evakuasi dan sebagian ibu ibu dan anak anak segera di bagi bagi selimut agar tidak kedinginan.

Suasana saat itu sangat memprihatinkan, dapat dibayangkan warga kami di 12 RT lain sedang tertidur lelap dan tidak mengetahui apa yang terjadi.

Namun di saat yang bersamaan ratusan warga berjuang untuk evakuasi dan menyelamatkan juga puluhan motor serta dokumen penting lainnya ke lantai 2 rumah tetangga dan mushola.

Dengan sigap dan cepat, Erick segera menggerakkan tim PKK dan majelis taklim Azahra dibantu para ketua RT membuat dapur umum. Menyiapkan sarapan pagi, makan siang dan malam untuk sekitar 450 warga di 2 RT untuk 2 hari. Ini langkah paling prioritas di saat ada musibah bencana setelah terlebih dahulu melakukan evakuasi.

Jangan sempat ada warga yang kelaparan dan sakit karena tidak mungkin keluarganya bisa memasak karena semua dapur dan ruangan tiap rumah di 2 RT itu sudah tenggelam, apalagi masih dalam suasana pandemi covid.

Syukur alhamdulillah, jam 9 pagi banjir ke dua RT sudah surut 100% hanya dalam waktu 7 – 8 jam saja. Tim penanggulangan sampah RW 06 dipimpin sekretaris RW 06 Joko bersama tim PPSU Kelurahan dipimpin Yaya bergerak cepat membersihkan saluran lambo di hilir dari tumpukan sampah yang ikut menghambat lajunya air di got dan selokan ke 2 RT.

Bersama tim kelurahan dan tim SDA kecamatan Pasar Minggu saat me ngecek on the spot selokan ke lambo di hari ke 2 pasca banjir, di perkirakan bahwa penyebab banjir disamping curah hujan tinggi sebagaimana di prediksi BMKG.

Terjadi juga melimpahnya air yang cukup deras dengan debit air yang cukup besar melalui pinggiran tanggul kali kecil di pinggiran komplek Samudra menembus komplek Paminda dan turut menenggelamkan belasan rumah di komplek Paminda yang berada di kawasan hulu wilayah RW 06.

Dalam kesempatan tersebut, Erick menjelaskan, “Hal ini berhubungan dengan adanya sampah hanyut dari hulu yang tertahan di hilir dan adanya penyempitan selokan menuju lambo di dalam kawasan proyek pembangunan fasilitas SDA milik pemkot Jaksel. Proyek tersebut mencakup kawasan RW 06 sehingga memperlambat arus air dari hulu sehingga saling menjadi penyebab dan akibat Banjir besar tersebut,”pungkasnya.

Banjir besar ini perlu tetap diwaspadai dengan peringatan BMKG untuk curah hujan ekstrim pada 23 – 24 Feb besok.

Terkait hal tersebut, Kasie Lingkungan Kelurahan Pasar Minggu Rukmana menyatakan bahwa, “Kedepan pihaknya dan  SDA Kecamatan telah bersepakat akan meningkatkan kerjasama tehnis bersama tim RW 06 untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan rutin saluran lambo dan embung dari sampah yang terbawa dari daerah hulu puncak Bogor dan Depok yang terbawa aliran kali kali kecil ke wilayah kel Pasar Minggu,”Ungkap Rukmana, yang dikenal sebagai salah satu pimpinan kelurahan yang paling rajin membantu RW RW di kelurahan ini.

Menanggapi musibah banjir besar ini dan begitu cepat pihak kelurahan dan kecamatan turun membantu. Kali ini saya memberi apresiasi kepada Lurah Pasar Minggu Gita Purnama Sari dan Camat Pasar Minggu Arief, walau kami sama sekali tidak meminta bantuan karena RW kami memang terbiasa berkerja mandiri bila ada masalah.

Namun kedua pejabat itu dengan sigap turun bergantian memimpin langsung puluhan pegawai PPSU 2 hari berturut turut membantu membersihkan mushola dan rumah rumah warga 2 RT di RW kami.

Tim PPSU juga mengangkut seluruh sampah termasuk puluhan kasur warga yang terendam banjir air lumpur dan tidak bisa terpakai lagi dan harus dibuang dengan 2 Truck milik kelurahan dan Kecamatan, ungkap Erick.

Erick juga berterimakasih juga atas meningkatnya solidaritas sosial warga 14 RT di RW nya dengan terjadinya musibah banjir ini. Tidak berhenti para ketua RT lain dan para dermawan bahkan utusan parpol menyalurkan bantuan sembako, nasi bungkus, vit C, aqua dan lainnya untuk meringankan warga 2 RT di RW 06 yang tertimpa musibah banjir besar ini. (Arif)

Berita Terbaru